Skripsi
EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI UNTUK MENGURANGISTRES AKADEMIK PESERTA DIDIKKELAS IPA SMAN 3 BREBES TAHUN AJARAN 2015 / 2016
YOHANA, OCTAVIA DEVI. 2016. Efektivitas Layanan Informasi Untuk Mengurangi Stres Akademik Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Brebes Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Pendidikan Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Maufur, M.Pd
Pembimbing II Drs. Sukoco KW, M.Pd
Kata Kunci : Bimbingan dan Konseling, Layanan Informasi, Stres Akademik.
Sekolah yang dipandang dapat memenuhi beberapa kebutuhan peserta didik dan menentukan kualitas kehidupan di masa depan, terkadang menjadi sumber masalah yang pada akhirnya memicu terjadinya stres pada peserta didik. Salah satu jenis stres yang perlu diperhatikan adalah stres akademik. Permasalahan stres akademik yang dialami peserta didik di sekolah memerlukan sebuah upaya penanganan bantuan yang diberikan dengan segera.
Bimbingan dan konseling merupakan suatu layanan efektif yang diberikan untuk membantu peserta didik agar dapat memahami dan menerima dirinya sendiri, mencapai tujuan-tujuan perkembangannya dan mengatasi masalahnya. Dalam Bimbingan dan Konseling, terdapat sejumlah layanan yang dapat digunakan untuk membantu individu mengatasi permasalahan seperti stres akademik. Salah satu upaya bantuan yang diberikan untuk mengurangi stres akademik pada peserta didik adalah melalui layanan informasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan layanan informasi terhadap stres akademik yang dialami peserta didik di sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Brebes Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 160 orang. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 20% dari jumlah populasi, yaitu berjumlah 32 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala sikap, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase, dan uji statistik/ uji-T.
Berdasarkan hasil analisis data pengisian angket pre-test, terdapat kriteria sangat rendah sebanyak 5 peserta didik dengan persentase 15,6%, kriteria rendah sebanyak 6 peserta didik dengan persentase 18,7%, kriteria cukup sebanyak 4 peserta didik dengan persentase 12,5%, kriteria sedang sebanyak 4 peserta didik dengan persentase 12,5%, kriteria tinggi sebanyak 11 peserta didik dengan persentase 34,3%, dan kriteria sangat tinggi sebanyak 2 peserta didik dengan persentase 12,5%.
Berdasarkan hasil analisis data pengisian angket post-test, terdapat kriteria sangat rendah sebanyak 3 peserta didik dengan persentase 9,3%, kriteria rendah sebanyak 14 peserta didik dengan persentase 43,7%, kriteria cukup sebanyak 6 peserta didik dengan persentase 18,7%, kriteria sedang sebanyak 5 peserta didik dengan persentase 15,6%, kriteria tinggi sebanyak 1 peserta didik dengan persentase 3,1%, dan kriteria sangat tinggi sebanyak 3 peserta didik dengan persentase 9,3%.
Dari data pre-test dan post-test diperoleh hasil thitung= 7,014 dengan taraf signifikansi 1% dan derajat kebebasan N-1 = 32-1 = 31, maka didapat ttabel = 2,750 dari hasil perhitungan tersebut terbukti bahwa thitung > ttabel atau 7,014 > 2,750, maka Ha (Hipotesis Kerja) diterima dan Ho (Hipotesis Nol) ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil simpulan bahwa layanan informasi efektif untuk mengurangi stres akademik pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Brebes. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah agar konselor hendaknya memberikan suatu program yang dapat mengurangi stres akademik pada peserta didik, misalnya memberikan berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh peserta didik di sekolah.
01112500015 | DEV e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain