Skripsi
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
HARYANTO, ADNAN. AHMAD. 2016. “Keefektifan penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dan Numbered Head Together terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP Negeri 19 Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016 Pada Materi Pokok Bangun Datar Kubus dan Balok)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Prof.Dr. Tri Jaka Kartana, M.Si
Pembimbing II Drs. Paridjo, M.Pd
Kata Kunci: Keefektifan, Think Pair Share, Numbered Heads Together, Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Awal.
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan Numbered Heads Together. (2) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. (3) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran Think Pair Share.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 19 Tegal tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 249 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 32 siswa dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 32 siswa, serta 1 kelas uji coba yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar matematika yang telah diuji validitas dan reliabilitas dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data yang digunakan adalah variansi dua jalan dengan sel tak sama dan uji komparasi ganda metode scheffe dengan uji prasyarat analisis data adalah uji normalitas dan uji homogenitas.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1)terdapat perbedaan prestasi belajar matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. (2) Prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share sama baiknya dengan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together ditinjau dari kemampuan awal tinggi. (3) Prestasi belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Think Pair Share lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together ditinjau dari kemampuan awal rendah.
01712500097 | AHM k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain