Skripsi
EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ( Studi Eksperimen Materi Pokok Kubus dan Balok pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016)
SETYADI, DWI GUNARTO. 2016. Skripsi. Efektivitas penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar matematika. (Studi eksperimen materi pokok kubus dan balok pada peserta didik kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016). Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Paridjo, M.Pd Pembimbing II : Drs. Ponohardjo, M.Pd.
Kata Kunci : Rotating Trio Exchange, Prestasi Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) keefektifan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan sikap percaya diri peserta didik. 2) keefektifan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. 3) keefektifan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar peserta didik. 4) perbedaan sikap percaya diri peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange dan yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. 5) perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange dan yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional.
Pupulasi dalam penelitian ini sebanyak 9 kelas sebanyak 311 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini kelas VIII I sebagai kelas eksperimen, kelas VIII G sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII D sebagai kelas ujicoba.. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa,1) Strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange efektif untuk meningkatkan sikap percaya diri peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 3,977 > ttabel = (5%, 34) = 2,042. 2) Strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange efektif untuk meningkatkan prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat nilai t hitung sebesar 4,420 > 2,042. 3) Strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange efektif untuk meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar peserta didik. Pada kelas eksperimen nilai thitung sebesar 8,535 > 2,042, sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai thitung sebesar 7,245 > 2,042. 4) Terdapat perbedaan sikap percaya diri peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange dan yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat pada nilai thitung sebesar 4,338 > 2,042. 5) Terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran tipe Rotating Trio Exchange dan yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung sebesar 5,602 > 2,042.
Bagi guru yang memiliki peserta didik kurang percaya diri, maka strategi Rotating Trio Exchange dapat digunakan untuk meningkatkan sikap percaya diri peserta didik.
01712500047 | DWI e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain