Skripsi
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT MATA PELAJARAN PKN MATERI PEMILIHAN UMUM KELAS 6 SD NEGERI DAWUHAN KEC. TALANG KAB. TEGAL SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PRIYANI, YESI 2016. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Cooperative Script Mata Pelajaran PKn Materi Pemilihan Umum Kelas 6 SD Negeri Dawuhan Kec. Talang Kab. Tegal Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Cooperative Script, Pemilihan Umum
Sesuai muatan kurikulum di SD Negeri Dawuhan, bahwa Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu pendidikan yang harus diberikan kepada siswa. Pemberian Pendidikan Kewarganegaraan yang baik kepada siswa dapat membuat siswa lebih memahami makna persatuan dan kesatuan. Sehingga siswa dapat menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia. Dengan Pendidikan Kewarganegaraan, siswa akan lebih memahami aturan-aturan yang berlaku. Baik aturan di rumah, di sekolah dan di masyarakat. Sehingga siswa dapat memiliki sikap kedisiplinan yang baik.
Perhatian orang tua terhadap pendidikan anak-anaknya kurang dan motivasi belajar siswa rendah. Dengan kondisi orang tua siswa yang demikian, sangat berpengaruh pada pola pikir dan perilaku siswa khususnya dalam kegiatan pembelajaran. Keadaan yang demikian mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran PKn di kelas VI pada materi pemilihan umum. Dari jumlah keseluruhan siswa kelas VI sebanyak 38 siswa, hanya 8 siswa yang berhasil tuntas sesuai atau lebih dari KKM, jika diprosentasekan maka, hanya memperoleh 22% tuntas dan 78% tidak tuntas. sehingga penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk menyelesaikan kasus yang ditemui. Dalam Penelitian Tindakan Kelas yang penulis rancang, penulis menggunakan metode Cooperative Script. Penelitian yang penulis lakukan dalam dua siklus ini ternyata terbukti dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang penulis kumpulkan ketuntasan belajar siswa mengalami kenaikan secara signifikan dari prasiklus (22%), siklus I (53%), siklus II (95%) . Dan nilai rata-rata siswa juga mengalami progres yang baik, yaitu dari kegiatan prasiklus (58), siklus I (68), siklus II (73).
Berdasarkan hasil tersebut di atas, maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Cooperative Script dapat meningkatkan prestasi hasil belajar mata pelajaran PKn di kelas VI SD Negeri Dawuhan pada materi pemilihan umum.
Hendaknya siswa mampu meningkatkan aktifitas belajarnya agar hasil belajar yang diperoleh dapat lebih memuaskan/baik. Hasil belajar terus ditingkatkan agar mencapai tujuan yang telah dicita-citakan.
01215500031 | YES u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain