Skripsi
STUDI KORELASI UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA UNTUK MANDIRI DENGAN MINAT SISWA DALAM BERWIRAUSAHA (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016)
ANINGTIAS, IIN DUWI. 2016. Studi Korelasi Upaya Guru dalam Memotivasi Siswa untuk Mandiri dengan Minat Siswa dalam Berwirausaha (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016)”. Skripsi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd.,M.Si
Pembimbing II. Drs. Budiyono, M.Pd
Kata Kunci : korelasi, memotivasi, mandiri, minat berwirausaha.
Permasalahan penelitian ini apakah ada korelasi antara upaya guru dalam memotivasi siswa untuk mandiri dengan minat berwirausaha siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui upaya guru dalam memotivasi siswa untuk mandiri, (2) untuk mengetahui minat siswa dalam berwirausaha, (3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara upaya guru dalam memotivasi siswa untuk mandiri dengan minat berwirausaha siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 144 siswa. Sampel berjumlah 100 responden dengan 25 responden uji coba. Teknik pengambilan sampel berdasarkan Tabel Monogram Herry King dengan taraf kesalahan 5%.
Hasil penelitian diperoleh Upaya guru dalam memotivasi siswa untuk mandiri secara kuantitatif dari data primer melalui instrumen angket, terdapat 16 (16,00%) siswa memiliki respon terhadap upaya guru dalam memotivasi siswa untuk mandiri dengan kategori rendah. 22 (22,00%) responden katagori sedang. 45(45,00%) dengan katagori cukup. 15 atau 15,00% katagori Tinggi. Sisanya 2 atau 2,00% katagori Sangat Tinggi. Untuk variabel minat siswa dalam berwirausaha terdapat 15 (15,00%) peserta dengan kategori rendah. 18 atau 18,00% responden katagori sedang. 45 atau 45,00% responden katagori Cukup. 18 atau 18,00% responden (peserta didik) dengan katagori Tinggi. 4 (4,00%) responden katagori Sangat Tinggi. Nilai rhitung (korelasi rxy) diperoleh 0,814 terletak pada interval koefisien 0,800–1,000, artinya hubungan upaya guru dalam memotivasi siswa untuk mandiri dengan minat siswa dalam berwirausaha kelas XI Akuntansi SMK PGRI 2 Taman Pemalang adalah sangat kuat dan positif. Nilai uji t (t hitung ) = 13,848 dikonsultasikan dengan t tabel dengan N=100 taraf kebebasan (α) 0,05% = 1,980. Artinya menerima hipotesis yaitu “Ada korelasi upaya guru dalam memotivasi siswa untuk mandiri dengan minat berwirausaha siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016”.
01312500061 | I'IN s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain