Skripsi
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DALAM MENINGKATKAN POLA BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 ULUJAMI PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Nasrudin, Muhammad. 2017. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Probing-prompting dalam Meningkatkan Pola Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Ulujami Pemelang Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi Progam Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. H. Basukiyatno, M. Pd
Pembimbing II Dewi Amaliah Nafiati, S.Pd.,M.Si
Kata Kunci : Model Pembelajaran Probing-prompting, Pola Berpikir Kritis Siswa
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya minat belajar siswa pada saat proses belajar mengajar di dalam kelas mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini bertujuan apakah penggunaan model Probing-prompting dapat meningkatkan pola berpikir kritis siswa mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Ulujami Pemalang.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Ulujami Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan pruprosive cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Probing-prompting, variabel terikatnya adalah Pola Berpikir Kritis Siswa X IIS SMA Negeri 1 Ulujami. Metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian berupa angket dalam bentuk pernyataan sebanyak 20 item yang telah diuji validitas, reliabilitas. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dalam penerapan model pembelajaran Probing-prompting dalam meningkatkan pola berpikir kritis siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test sehingga diperoleh hasil 2,733, setelah dikonsultasikan dengan t tabel pada dk = 68 dengan kesalahan 5% ternyata t hitung > t tabel yaitu 2,733>1,995. Dari hasil tersebut penulis mengambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Probing-prompting dapat meningkatkan pola berpikir kritis siswa mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2015/2016.
Saran dalam penelitian ini guru diharapkan lebih mendalami dan semangat dalam menciptkan suasana kelas yang meriah dan menyenagkan serta tidak monoton dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa tidak merasa jenuh dan minat siswa semakin bertambah.
01310500105 | MUH e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain