Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU 01 BREBES TAHUN BELAJAR 2016/2017
RIYADI, SLAMET. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU 01 Brebes Tahun Belajar 2016/2017. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Yayat Hidayat Amir,M.Pd.,
Pembimbing II Dra. Dewi Apriani,Fr.MM.
Kata Kunci : Pengaruh, Metode Pembelajaran Cooperative Learning, Prestasi Belajar IPS
Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya (1) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas VIII MTs Ma’arif NU 01 Brebes Tahun Belajar 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester I MTs Ma’arif NU 01 Brebes Tahun Belajar 2016/2017 sebanyak 198 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 50 siswa yaitu diperoleh dari kelas VIII Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Sebelumnya data diuji dengan uji instrumen validitas untuk mengetahui reliabilitas data.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, dan angket. Instrumen penelitian berupa angket dalam bentuk pernyataan sebanyak 20 item yang telah diuji validitas, reliabilitas. Sedangkan metode analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji regresi linier Sederhana dan uji-t.
Hasil perhitungan diketahui persamaan regresi linear sederhana.Y = 74,07 + 0,512 X Sedangkan menggunakan rumus uji-t diketahui bahwa thitung = 2,521 dan dikonsultasikan dengan ttabel N = 50 taraf kebebasan d.f = (50-2 = 48) dan tingkat kesalahan 5% sebesar = 1,677. Diketahui t hitung>t table yaitu 2,521>1,677 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti “Metode Pembelajaran Cooperative Learning Berpengaruh Signifikan Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU 01 Brebes Tahun Belajar 2016/2017. Dari hasil tersebut penulis mengambil kesimpulan bahwa Metode Pembelajaran Cooperative Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU 01 Brebes Tahun Belajar 2016/2017.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan agar guru menerapkan Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative learning di MTs Ma’arif NU 01 Brebes, sehingga membuat siswa selalu aktif belajar dengan berbagai kegiatan untuk menguasai bahan pelajaran sepenuhnya, selain itu untuk mendorong sikap kesetiakawanan dan keterbukaan diantara siswa, sehingga sikap dan perilaku siswa berkembang ke arah demokratis dalam kelas dan lebih bersemangat. Sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar IPS.
01310500114 | SLA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain