Skripsi
PENGARUH KAMPANYE TERHADAP PERILAKU PEMILIH DALAM PEMILU PRESIDEN DI DESA SUMUR KIDANG KECAMATAN BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2014
Nama: Budi Hermawan NPM: 2112500037 Judul: Pengaruh Kampanye Terhadap Perilaku Pemilih Dalam Pemilu Presiden di Desa Sumur Kidang Kecamatan Bantar Bolang Kabupaten Pemalang
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh kampanye terhadap perilaku pemilih dalam pemilu presiden di desa sumur kidang kecamatan bantar bolang kabupaten pemalang.
Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian ini adalah:
1. Ingin mengetahui kampanye pemilu presiden di kecamatan bantar bolang kabupaten pemalang
2. Ingin mengetahui perilaku pemilih di kecamatan bantar bolang kabupaten pemalang
3. Ingin membuktikan apakah ada pengaruh kampanye terhadap perilaku pemilih pada pemilu presiden di kecamatan bantar bolang kabupaten pemalang
Penelitian ini dilakukan di desa sumur kidang kecamatan bantar bolang kabupaten pemalang dengan jumlah responden 25 orang dengan metode random sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, studi dokumentasi dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan setelah menyebar angket pada 25 warga di desa sumur kidang kecamatan bantar bolang kabupaten pemalang, maka diperoleh hasil kegiatan kampanye di tempat tersebut berada pada kategori sangat tinggi dengan perolehan skor sebesar 1910. Sedangkan untuk perilaku pemilih pada pemilu presiden di tempat tersebut berada pada kategori sedang dengan perolehan skor 1037.
Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kampanye terhadap perilaku pemilih pada pamilu presiden di desa sumur kidang kecamatan bantar bolang kabupaten pemalang.
Dari penelitian tersebut, maka diajukan saran-saran:
1. Perlu adanya penjelasan lebih detail karena sampel adalah masyarakat desa yang punya tingkat pemahaman variatif
2. Perlu ditekankan pentingnya kampanye pada masyarakat desa sehingga pelaksanaannya efektif dan optimal
3. Perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan variabel yang berbeda untuk mengetahui lebih jauh tentang peran kampanye dalam pelaksanaan pemilu
Kata kunci:kampanye, perilaku pemilih
21125000370 | HER p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain