Skripsi
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMK Negeri 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2015/2016)
Kata Kunci : keefektifan, metode pembelajaran buzz group, minat belajar matematika, prestasi belajar matematika
Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih kurang memuaskan. Sehingga memerlukan penerapan metode pembelajaran yang sesuai agar prestasi belajar siswa meningkat. Selain metode pembelajaran, faktor lain dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah minat belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar dengan metode pembelajaran buzz group dan metode ekspositori, (2) perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar dengan metode pembelajaran buzz group dan metode pembelajaran ekspositori ditinjau dari minat belajar tinggi, (3) perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar dengan metode pembelajaran buzz group dan metode pembelajaran ekspositori ditinjau dari minat belajar sedang, (4) perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar dengan metode pembelajaran buzz group dan metode pembelajaran ekspositori ditinjau dari minat belajar rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester genap SMK Negeri 1 Petarukan tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen, 2 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan angket. Instrumen penelitian berupa tes prestasi dan angket minat belajar matematika yang telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua arah dan uji t satu pihak, data dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode pembelajaran buzz group lebih efektif daripada menggunakan metode pembelajaran ekspositori, (2) penerapan metode pembelajaran buzz group lebih efektif daripada pembelajaran secara ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari minat belajar tinggi. (3) penerapan metode pembelajaran buzz group lebih efektif daripada pembelajaran secara ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari minat belajar sedang. (4) pembelajaran menggunakan metode pembelajaran buzz group tidak lebih efektif daripada pembelajaran secara ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari minat belajar rendah.
17125000190 | RIZ k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain