Skripsi
UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN MASUK TEPAT WAKTU MELALUI KONSELING INDIVIDU BERPENDEKATAN BEHAVIORISTIK (Studi PTBK pada Peserta Didik Kelas X MAN 1 Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016)
Kata Kunci : Kedisiplinan, Konseling Individu Berpendekatan Behavioristik
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kedisiplinan masuk tepat waktu peserta didik sebelum pelaksanaan konseling individu berpendekatan behavioristik, 2¬) Kedisiplinan masuk tepat waktu peserta didik setelah pelaksanaan konseling individu berpendekatan behavioristik, 3) Upaya peningkatan kedisiplinan masuk tepat waktu melalui konseling individu berpendekatan behavioristik pada peserta didik kelas X MAN 1 Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling dengan jumlah sampel 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji t-test.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kedisiplinan masuk tepat waktu melalui konseling individu berpendekatan behavioristik pada peserta didik kelas X MAN 1 Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016 dilihat dari pengujian hipotesis dengan uji statistik yaitu perolehan tingkat kedisiplinan masuk tepat waktu dari pra siklus, siklus I dan siklus II pada pra siklus diperoleh nilai thitung sebesar 1,665 dan pada siklus I diperoleh nilai thitung sebesar 3,741. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 20 – 1 = 19 dimana diperoleh ttable = 2,093 ternyata pada pra siklus thitung = 1,665 < ttabel = 2,093 yang berarti hipotesis nihil diterima dan menolak hipotesis alternatif berbunyi “Konseling individu berpendekatan behavioristik belum dapat meningkatkan kedisiplinan masuk tepat waktu pada peserta didik kelas X MAN 1 Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016”. Kemudian dan pada siklus II diperoleh thitung = 3,741 > ttabel = 2,093 yang berarti hipotesis nihil ditolak dan menerima hipotesis alternatif pada siklus II berbunyi “Konseling individu berpendekatan behavioristik dapat meningkatkan kedisiplinan masuk tepat waktu pada peserta didik kelas X MAN 1 Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016”
Rendahnya tingkat kedisiplinan masuk tepat waktu hendaknya dapat diidentifikasi secara dini oleh guru BK, agar permasalahan kedisiplinan peserta didik dapat diatasi dengan maksimal dan peserta didik semangat dalam disiplin
11135001670 | SUS u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain