Skripsi
PENGARUH PROMOSI DAN WORDS OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELUMAS PRODUK PERTAMINA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh 1) promosi terhadap keputusan pembelian 2) words of mouth terhadap keputusan pembelian dan 3) promosi dan words of mouth secara bersama–sama terhadap keputusan pembelian pelumas produk Pertamina.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pendekatan yang digunakan dengan metode survey, dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Metode analisis data menggunakan korelasi rank spearman, uji signifikansi korelasi koefisien korelasi rank spearman, korelasi berganda, uji signifikansi koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh yang signifikan promosi terhadap keputusan pembelian, words of mouth terhadap keputusan pembelian serta promosi dan words of mouth secara bersama–sama terhadap keputusan pembelian pelumas produk Pertamina 2) hasil perhitungan korelasi rank spearman diperoleh nilai korelasi antara variable promosi dengan keputusan pembelian yaitu sebesar 0,655, menunjukkan tergolong kuat, nilai korelasi antara variable variable word of mouth dengan keputusan pembelian pelumas produk Pertamina yaitu sebesar 0,636 menunjukkan tergolong kuat.
PT. Pertamina (Persero) harus terus memelihara dan meningkatkan aspek kesadaran merek pelumas produknya agar dapat mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualannya. Seperti membuat program promosi yang menarik dan kreatif sehingga merek produk menjadi lebih mudah diingat. PT. Pertamina (Persero) diharapkan selalu menjaga hubungan baik dengan retailer, kalangan mekanik maupun konsumennya antara lain melalui program insentif dan kepedulian konsumen karena dari merekalah faktor Word of Mouth lebih berperan dalam mendorong keputusan pembelian pelumas produk Pertamina.
Kata Kunci : Promosi, Words of Mouth, Keputusan Pembelian.
41105001060 | WIB p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain