Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI AP. SMK PGRI 2 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Rahmawati, Kurnia. 1113500005. 2017. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Tehnik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peseta Didik Kelas XI AP SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PancaSakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Maufur, M.Pd, Pembimbing II: Drs. Achmad Suhud, M.Pd.
Kata kunci: Pengaruh, Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama, Rasa Percaya diri.
Kepercayaan diri yang berlebihan maupun kurang dapat menimbulkan kerugian tidak hanya bagi dirinya namun juga bagi lingkungan sosialnya, maka hal tersebut yang melatar belakangi penelitian ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui tingkat rasa percaya diri sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, dan mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik kelas XI AP SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian dengan pendekatan kuantitatif, hal ini mengingat jenis eksperimen semu, dengan desain one group pre-test and post-test. Populasi penelitian 145 peserta didik kelas XI AP. Sample 12 peserta didik dari 3 kelas XI AP yang diindikasikan memiliki rasa percaya diri rendah, dan menggunakan teknik sampling yaitu purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis yang digunakan deskriptif persentase dan rumus uji t-test.
Hasil Penelitian menunjukan: 1) tingkat rasa percaya diri peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama adalah dalam kategori rendah dengan persentase ketercapaian 41,7%. 2) Tingkat rasa percaya diri peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan dengan teknik sosiodrama meningkat dalam kategori cukup dengan persentase ketercapaian 58,3%. 3) Ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan rasa percaya diri peseta didik kelas XI AP SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017 terbukti dari hasil thitung sebesar 5,798. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan N-1 atau 14-1= 13 dimana ttabel= 2,201 ternyata thitung 5,798 > ttabel = 2,201, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Diharapkan hasil penelitian dapat dijadikan evaluasi layanan bimbingan kelompok di sekolah dan lebih meningkatkan pelaksanaan yang maksimal dalam layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan teknik sosiodrama yang sesuai dengan masalah peserta didik, untuk meningkatkan rasa percaya diri.
11135000050 | RAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain