Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE KATA BERANTAI TERHADAP PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK SMK N 1 DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2016/2017 (Studi PTBK pada Peserta Didik Kelas X AP 1)
Rina Nur Jannah. 2016. Peran Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Kata Berantai terhadap Peningkatan Interaksi Sosial di SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 (Studi PTBK pada Peserta Didik Kelas X AP 1). Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Sukoco KW, M.Pd, pembimbing II : Dr. Dino Rozano M.Pd.
Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Metode Kata Berantai, Interaksi Sosial
Latar Belakang penelitian ini yaitu karena rendahnya interaksi sosial. tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahuitingkat interaksi sosial sebelum pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan metode kata berantai, untuk mengetahui tingkat interaksi sosial sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan metode kata berantai,untuk mengetahui peran layanan bimbingan kelompok dengan metode kata berantai terhadap peningkatan interaksi sosial dan untuk mengetahui peran studi PTBK terhadap peningkatkan interaksi sosial pada peserta didik kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian tindakan dalam bimbingan dan konseling (PTBK). Peserta didik pada penelitian ini berjumlah 26 peserta didik yang terdiri dari 2 kelompok yang berjumlah 13 anggota kelompok setiap kelompoknya. Alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, skala penilaian, dan dokumentasi. Penelitian tindakan ini ada dua siklus, yang setiap siklus terdiri dari empat komponen pokok : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Setiap siklus ada dua kali pertemuan, pertemuan pertama untuk kelompok 1 dan pertemuan ke 2 untuk kelompok 2 dalam 2 hari secara bergiliran. Pertemuan kedua juga sama dengan pertemuan pertama.
Pelaksanaan layanan ini mengalami perkembangan yang sangat baik. Terbukti berdasarkan hasil observasi siklus II yaitu kelompok 1, dengan kriteria baik sebesar 79,11%. Dan kelompok 2, dengan kriteria sangat baik sebesar 81,81%. Hasil penelitian tindakan meningkat pada siklus II terbukti pada hasil post test siklus II variabelinteraksi sosial menunjukkan 23,07% peserta didik kategori sangat tinggi, 19,23% peserta didik kategori tinggi, 30,76% peserta didik kategori sedang, 19,23% peserta didik kategori cukup, 0% peserta didik kategori rendah, 3,84% peserta didik kategori sangat rendah. Dan hasil perhitungan ttest, maka thitung variabel interaksi sosial (Y)= 25,260 dan ttabel 2,060, maka thitung > ttabel = 25,260 >2,060, maka variabel X dan Y Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, kesimpulannya bahwa hipotesis penelitian berbunyi yaitu “Adanya Peran Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Kata Berantai Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial di SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal tahun ajaran 2016/2017 (studi PTBK pada Peserta Didik Kelas X AP 1)”
Oleh karena itu, penulis mengharapkan pihak sekolah terutama guru BK dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan acuan atau evaluasi dalam memberikan layanan bimbingan kelompok selanjutnya.
11135000700 | JAN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain