Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN HUMANISTIK DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL ANTAR TEMAN SEBAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
MEYLISHA, DIAN. 2017. “Peran Layanan Bimbingan Kelompok Berpendekatan Humanistik dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Antar Teman Sebaya Pada Peserta Didik Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Hj. Sitti Hartinah DS, MM dan Pembimbing II Dra. Sri Sumarsih, M.Pd
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok Berpendekatan Humanistik, Interaksi Sosial Antar Teman Sebaya
Layanan bimbingan kelompok berpendekatan humanistik merupakan suatu upaya pemberian bantuan kepada peserta didik melalui kelompok untuk mendapatkan informasi yang berguna agar mampu menyusun rencana dan keputusan yang tepat serta dapat memahami dirinya sendiri, orang lain, dan lingkungannya dalam menunjang terbentuknya perilaku yang lebih efektif dengan memanfaatkan dinamika kelompok sehingga terbentuknya pengalaman dan tingkah laku manusia, yang memusatkan perhatian pada keunikan dan aktualisasi diri manusia.
Populasi penelitian berjumlah 136 peserta didik, penetapan sampel secara purposive random sampling diperoleh sejumlah 30 peserta didik yang memiliki interaksi sosial antar teman sebaya rendah. Teknik pengumpulan data dengan angket teknik utamanya, dan dilengkapi dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Uji validitasnya menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Spearmen Brown, dilanjut uji analisis data statistik deskriptif persentase dan uji hipotesis dengan uji t (t-test).
Hasil deskriptif pada kelompok kontrol dipersepsikan diperoleh skor rata-rata dalam rentang nilai 64–76 sebanyak 6 peserta didik (40%) dari jumlah populasi dengan kriteria cukup, sedangkan hasil treatment pada kelompok eksperimen hasil rata-rata dalam rentang nilai 37–50 sebanyak 7 peserta didik (47%) dalam kriteria tinggi ini berarti terdapat perbedaan peningkatan peningkatan yang diberi layanan sebanyak 47%. Uji hipotesis dengan rumus t-test diperoleh thitung sebesar 3,600, nilai tersebut dikonsultasikan dengan ttabel taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 28, maka ditemukan ttabel = 2,228, sehingga thitung = 3,600 > ttabel = 2,228 yang berarti menerima hipotesis alternatif yang berbunyi “terdapat peran layanan bimbingan kelompok berpendekatan humanistik terhadap interaksi sosial antar teman sebaya pada peserta didik kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017” dan menolak (H0).
Disarankan agar seluruh jajaran yang terkait dalam proses pendidikan di sekolah perlu upaya keras dalam meningkatkan layanan bimbingan kelompok berpendekatan humanistik, perlu dukungan yang kuat dari guru.
11135000710 | MEY p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain