Skripsi
PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X SMA AL-IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PUSORO, ARGO. 2017. Program bimbingan pribadi sosial untuk mengembangkan kemampuan penyesuaian diri peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dra. Sri Sumarsih, M.Pd
Pembimbing II: Drs. Achmad Suhud, M.Pd
Kata Kunci: penyesuaian diri
Penyesuaian diri adalah reaksi seseorang terhadap rangsangan-rangsangan dari dalam diri sendiri atau reaksi seseorang terhadap situasi yang berasal dari lingkungan.. Maka latar belakang penelitian ini didasari pada peserta didik yang memiliki kemampuan penyesuaian diri yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan Program bimbingan pribadi sosial untuk mengembangkan kemampuan penyesuaian diri peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian kategori non eksperimen dengan desain penelitian analisis deskriptif dan korerasi. Populasi penelitian ini peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad Kota Tegal yang berjumlah 164 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dimana sampel merupakan peserta didik kelas X berjumlah 25 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. wawancara Validitas instrument menggunakan rumus korerasi product moment, Sedangkan metode analsis data menggunakan analsis deskriptif presentase dan kolerasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program bimbingan pribadi sosial efektif terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas X SMA AL-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi diperoleh rxy sebesar 0,808 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk N = 25 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,444, maka dalam penelitian ini hasilnya yaitu rxy> rtabel atau 0,808> 0,444 yang berarti hipotesis nol (Ho) yang berbunyi “Tidak ada keefektifan program bimbingan sosial pribadi untuk mengembangkan kemampuan penyesuaian diri peserta didik kelas X SMA AL-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017” dinyatakan ditolak. Sedangkan hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Adanya keefektifan program bimbingan sosial pribadi untuk mengembangkan kemampuan penyesuaian diri peserta didik kelas X SMA AL-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017” dinyatakan diterima. Disimpulkan bahwa proram bimbingan pribadi sosial efektif untuk mengembangkan kemampuan pnyesuaian diri peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad Kota Tegal.
11135001310 | PUS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain