Skripsi
Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Behavioristik Pada Peserta Didik Kelas X TGB SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017
WINARSIH, SRI. 2016. Judul Skripsi “Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Behavioristik Pada Peserta Didik Kelas X TGB SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017”, Progdi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Sukoco KW,M.Pd., Pembimbing II Dr. Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci : Interaksi Sosial, Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Behavioristik.
Interaksi sosial merupakan suatu proses menjalin hubungan dan komunikasi antara satu orang dengan orang lain, suatu kelompok dengan kelompok lain, atau satu orang dengan kelompok, dan ini sangat penting dimiliki oleh peserta didik. Persoalan yang muncul adalah apakah ada upaya untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Tingkat interaksi sosial peserta didik sebelum diberikan bimbingan kelompok dengan teknik behavioristik, 2) Tingkat interaksi sosial peserta didik sesudah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik behavioristik, 3) Apakah ada upaya bimbingan kelompok dengan teknik behavioristik untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik kelas X TGB SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jumlah populasi penelitian ini adalah 37 peserta didik, sedangkan jumlah sampel sebanyak 17 peserta didik dengan teknik Purposive Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji t-test.
Persentase hasil penelitian tingkat interaksi sosial sebelum diberikan perlakuan dalam kategori sedang (35,3%). Kemudian persentase hasil penelitian sesudah diberikan perlakuan adalah dalam kategori sedang (35,3%). Namun dalam perolehan skor pengisian instrumen angket meningkat, dimungkinkan interaksi sosial peserta didik meningkat hanya pada hal-hal tertentu saja. Hasil analisis statistik diperoleh thitung>ttabel yaitu 4,102 > 2,120. Ini berarti bahwa hipotesis alternatif atau Ha yang berbunyi “Terdapat upaya peningkatan interaksi sosial melalui bimbingan kelompok dengan teknik behavioristik pada peserta didik kelas X TGB SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017” diterima dan hipotesis nihil atau Ho ditolak.
Disarankan kepada guru Bimbingan dan Konseling, bimbingan kelompok dirasa mempunyai nilai lebih dalam mengembangkan pribadi dan sosial peserta didik. Maka dari itu pemberian bimbingan kelompok harus terus menerus dilaksanakan agar peserta didik dapat berinteraksi sosial secara maksimal.
11125000490 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain