Skripsi
PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN MELALUI TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS X AK SMK N 1 DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
RIZQI AMALIA. 2017. NPM 1113500115 “ Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Melalui Teknik Role Playing Terhadap Peningkatan Konsep Diri Peserta Didik Kelas X AK SMK N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
1. Pembimbing I : Drs. Sukoco KW, M.Pd,
2. Pembimbing II: Dra. Sri Sumarsih, M.Pd
Kata Kunci : Konsep Diri, Layanan Penguasaan Konten Melalui Teknik Role Playing
Tujuan penelitian untuk mengetahui konsep diri peserta sebelum dan sesudah layanan penguasaan konten melalui teknik role playing yang menjadi tempat penelitian, serta untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan kontn melalui teknik role playing terhadap peningkatan konsep diri peserta didik kelas X AK SMK N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi pada penelitian adalah peserta didik kelas X AK SMK N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 sejumlah 190 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan jumlah sampel ada 30 peserta didik yang memiliki konsep diri rendah. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner/angket, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket. Uji validitas dengan rumus Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji analisis deskriptif presentase dan uji t-test.
Dari hasil analisis data bahwa perilaku konsep diri sebelum layanan penguasaan konten melalui teknik role playing dengan prosentase 30% berada dalam kriteria sangat rendah. Sedangkan setelah dilakukan layanan penguasaan konten melalui teknik role playing dengan prosentase 50% berada dalam kriteria sedang. Hasil analisis t-tes yaitu thitung = 6,969 dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan N-1 = 30-1 = 29, maka didapat ttabel = 2,045. Dengan demikian thitung (6,969) lebih besar darti ttabel (2,045) Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Disarankan dalam penulis diharapkan guru pembimbing dapat meningkatkan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing dengan baik agar berjalan dengan maksimal untuk meningkatkan konsep diri peserta didik.
11135001150 | AMA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain