Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN BEHAVIORISTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS. JATIBOGOR SURADADI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017 (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas VIII C)
Munah, Sri. 2017. “Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Bimbingan Kelompok Berpendekatan Behavioristik Pada Peserta Didik Kelas VIII C MTs. Jatibogor Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas VIII C)”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I. Dr. Suriswo, M.Pd.
Pembimbing II. Drs. Sukoco KW, M.Pd.
Kata Kunci : Kedisiplinan, Bimbingan Kelompok Berpendekatan Behavioristik
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas VIII C MTs Jatibogor Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik.
Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Konseling (PTBK) dengan sampel 30 peserta didik. Alat pengumpul data berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan anekdot. Penelitian tindakan ini terdiri dari empat komponen pokok: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Indikator keberhasilan sesuai dengan kesepakatan peneliti dengan guru BK sekolah yaitu 75%..
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklusnya terdapat perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C di MTs. Jatibogor Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Yang terdiri dari 30 peserta didik. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan lembar aktivitas peserta didik dalam bimbingan kelompok peserta didik yang berbentuk uraian yang dianalisis pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedisiplinan peserta didik mengalami peningkatan yaitu pada Pra Siklus : 53,33 (cukup), Siklus I : 67,50 (tinggi) dan Siklus II : 86,87 (sanggat tinggi), sudah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Sehingga kegiatan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan dikatakan telah berhasil dan penelitian dihentikan. Terdapat upaya bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan, hal ini terbukti pada tingkat kedisiplinan peserta didik yang relevan dengan indikator kedisiplinan prasiklus sebesar 53,33% (cukup), siklus I sebesar 67,50% (tinggi), dan siklus II sebesar 86,87% (sangat tinggi). Dari hasil tersebut, dapat dilihat bahwa adanya perubahan yang signifikan dari tiap-tiap siklus setelah dilakukan kegiatan bimbingan kelompok. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ‘’bimbingan kelompok berupaya dalam meningkatkan kedisiplinan di MTs Jatibogor Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017’’.
Saran yang dapat penulis sampaikan sebagai informasi dan wacana bagi guru BK dan guru-guru lainnya untuk melakukan perbaikan dalam proses belajar mengajar di kelas salah satunya dengan melakukan layana bimbingan kelompok untuk menangani masalah peserta didik khususnya dalam hal meningkatkan kedisiplinan mematuhi tata tertib sekolah.
11125001290 | MUN u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain