Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS LIFE SKILL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK DHARMA WIRAWAN PUTERA KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Khomisah, Nur. 2017. Efektifitas Layanan Bimbingan Karir Berbasis Life Skill Terhadap Peningkatan Kemampuan Perencanaan Karir Pada Peserta Didik Kelas X SMK Dharma Wirawan Putera Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1 Dra Sri Sumarsih, M.Pd; Pembimbing II Dr Maufur, M.Pd.
Kata Kunci : Bimbingan Karir, Life Skill, Kemampuan Perencanaan Karir
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat kemampuan perencanaan karir yang masih rendah ditandai dengan berbagai masalah yang di hadapi peserta didik yang berkenaan dengan pemilihan jenis studi lanjutan, pemilihan rencana pekerjaan, maupun ketidakmampuan peserta didik ketika kelak lulus dari SMK akan memasuki pendidikan lanjutan atau dunia kerja yang sesuai dengan keadaan dirinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya efektifitas pelaksanaan layanan bimbingan karir berbasis life skill dalam peningkatan kemampuan perencanaan karir.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Pre Eksperimental Design dalam bentuk One Group Pre-test and Post-test Design. Sebagai populasi adalah peserta didik kelas X SMK Dharma Wirawan Putera Kota Tegal yang berjumlah 52 peserta didik. Dengan teknik purposif, terdapat sampel 22 peserta didik. teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas instrumen di olah dengan rumus product moment. Reliabilitasnya dengan rumus korelasi Spearman-Brown. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perlakuan layanan bimbingan karir berbasis life skill memberikan efek positif kepada peserta didik untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir, hal ini dibuktikan dengan skor pencapaian sebelum adanya perlakuan dengan skor 31,81% (kategori rendah) dan sesudah perlakuan dengan skor 36,36% (kategori tinggi) berarti ada peningkatan 4,55%. Dan berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh hasil nilai thitung sebesar 6,307 yang kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,080 sehingga thitung> ttabel. Berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan karir berbasis life skill efektif dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karir peserta didik kelas X SMK Dharma Wirawan Putera Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun saran yang dapat disampaikan yaitu hendaknya Guru BK lebih bervariatif dalam memberikan layanan untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan rencana karir secara tepat.
11135000830 | KHO e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain