Skripsi
KONTRIBUSI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS XI IS SMA AL IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
URRUTYANA, ILMA. 2017. “Kontribusi Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Karakter Religius Peserta Didik Kelas XI IS SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Hj. Sitti Hartinah DS, MM
Pembimbing II Drs. Sukoco KW, M.Pd
Kata Kunci : Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing, Karakter Religius
Layanan konseling kelompok dengan teknik role playing merupakan layanan berfungsi sebagai layanan pencegahan dan penyembuhan padasetiap permasalahan yang mengganggu pikiran seperti menurunnya karakter religius pada sekolah Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat karakter religius pada dua kelompok yang berbeda antara yang diberi layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dan tidak diberi layanan konseling kelompok dengan teknik role playing, untuk mengetahui adanya kontribusi layanan konseling kelompok dengan teknik role playing.
Populasi penelitian berjumlah 111 peserta didik, penetapan sampel secara purposive random sampling diperoleh sejumlah 32 peserta didik yang memiliki karakterreligius rendah. Teknik pengumpulan data dengan angket teknik utamanya, dan dilengkapi dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Uji validitasnya menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Spearman Brown, dilanjut dengan uji analisis data statistik deskriptif persentase dan uji hipotesis dengan uji t (t-test).
Hasil deskriptif pada kelompok kontrol dipersepsikan diperoleh skor rata-rata dalam rentang nilai 177-196 sebanyak 6 peserta didik (37,5%) dari jumlah populasi dengan kriteria cukup, sedangkan hasil treatment pada kelompok eksperimen hasil rata-rata dalam rentang nilai 194-216 sebanyak 11 peserta didik (68.75%) dalam kriteria tinggi ini berarti terdapat perbedaan peningkatan peningkatan yang diberi layanan sebanyak 50%. Uji hipotesis dengan rumus t-test diperoleh thitung sebesar 4,731, nilai tersebut dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 30, maka ditemukan ttabel = 2,042, sehingga thitung = 4,731 > ttabel = 2,042 yang berarti menerima hipotesis alternatif yang berbunyi “terdapat kontribusi layanan konseling kelompok dengan teknik role playing terhadap karakter religius peserta didik kelas XI IS SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017” dan menolak hipotesis nihil.
Disarankan agar seluruh jajaran yang terkait dalam proses pendidikan di sekolah perlu adanya upaya keras dalam meningkatkan layanan konseling kelompok dengan teknik role playing, perlu adanya dukungan yang kuat dari guru, peran serta dari semua pihak sekolah lainnya ikut merasa bertanggung jawab pada peningkatan karakter religius peserta didik agar tidak menjerumus ke perbuatan yang negatif.
11135000780 | URR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain