Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERPENDEKATAN TRAIT AND FACTOR TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK AL-IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
MUSRIYANI, AISAH, 2017. NPM 1113500114 “ Pengaruh Layanan Bimbingan Karir Berpendekatan Trait and Factor Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Pada Peserta Didik Kelas X SMK Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Sukoco KW, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Hj.Sitti Hartinah DS, M.M
Kata Kunci : Pengaruh Layanan Bimbingan Karir Berpendekatan Trait and Factor, Pengambilan Keputusan Karir.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan peserta didik merasa kurang memiliki pemahaman tentang pemilihan karir, kurang yakin dalam mengambil keputusan karir antara bekerja maupun melanjutkan studi, kurang memahami dalam membuat perencanaan karirnya sesuai dengan kemampuannya. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik tidak dapat memutuskan karirnya yang akan digeluti karena peserta didik belum mempunyai gambaran karir yang akan ditekuninya.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui : 1) Tingkat pengambilan keputusan karir peserta didik yang tidak diberikan layanan bimbingan karir berpendekatan trait and factor. 2) Tingkat pengambilan keputusan karir yang diberikan layanan bimbingan karir berpendekatan trait and factor. 3) Pengaruh layanan bimbingan karir berpendekatan trait and factor terhadap pengambilan keputusan karir peserta didik kelas X SMK Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian berjumlah 124 peserta didik , sampel sebanyak 30 diambil menggunakan teknik purposive sampling, data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Person dan uji reliabilitas digunakan belah dua dari spearman brown. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan statistik uji –t.
Hasil penelitian menunjukan tingkat pengambilan keputusan karir peserta didik yang tidak diberikan layanan bimbingan karir berpendekatan trait and factor dalam kategori sedang (26,7%), yaitu perolehan skor paling banyak interval 138-142. Sedangkan tingkat pengambilan keputusan karir yang diberikan layanan bimbingan karir berpendekatan trait and factor dalam keadaan kategori tinggi (33,3%), yaitu perolehan skor paling banyak interval 151-154. Perhitungan analisis uji-t diperoleh thitung= 3,692 dengan ttabel = 2,048. Karena thitung>ttabel atau 3,692>2,048, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Disarankan dalam penulis diharapkan guru pembimbing dapat meningkatkan layanan bimbingan karir berpendekatan trait and factor dengan baik agar berjalan dengan maksimal untuk meningkatkan pengambilan keputusan karir peserta didik.
11135001140 | MUS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain