Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA HASYIM ASY’ARI PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
INAS, CHAEDAR. 2017. Judul Skripsi “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioristik Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Kelas X SMA Hasyim Asy’ari Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017”, Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Sukoco KW. M.Pd Pembimbing II Dr. Suriswo M.Pd,
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Pendekatan Behavioristik, Kedisiplinan
Disiplin sangat penting khususnya bagi perkembangan peserta didik dan diperlukan supaya mereka dapat belajar dan berperilaku dengan cara yang dapat diterima lingkungan tempat tinggal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kedisiplinan peserta didik sebelum layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioristik, 2) kedisiplinan peserta didik sesudah layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioristik, 3) Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioristik terhadap kedisiplinan peserta didik kelas X SMA Hasyim Asy’ari Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 130 peserta didik, dan sampel dalam penelitian adalah 30 peserta didik yang kedisiplinanya rendah Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji T-test.
Kedisiplinan peserta didik sebelum layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioristik adalah dalam kriteria rendah sebanyak 10 peserta didik (33,3%). Sedangkan kedisiplinan peserta didik setelah layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioristik meningkat dalam kriteria tinggi sebanyak 12 peserta didik (40,0%).
Dari hasil perhitungan dengan analisis dari nilai uji t-test diperoleh hasil angka ketercapaian thitung sebesar 5,699. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 30 – 1 = 29 dimana diperoleh ttabel = 2,042 ternyata thitung = 5,699 > ttabel = 2,042 yang berarti hipotesis alternatif berbunyi “Terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioristik terhadap kedisiplinan peserta didik kelas X SMA Hasyim Asy’ari Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017” diterima
Pemberian layanan konseling kelompok berpendekatan behavioristik, hendaknya peserta didik dapat memaksimalkan pelayanan yang disediakan baginya, dan yakin akan solusi yang telah diarahkan oleh guru bimbingan dan konseling, sehingga peserta didik dapat selalu berfikir positif dan menerapkan disiplin sedini mungkin untuk kesuksesan di masa depan.
11125001470 | INA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain