Skripsi
KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK DI SMK SYAFA’ATUL UMMAH BULAKAMBA KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2016/2017 (Studi PTBK pada Kelas XI TAV)
SYURUR, HAMZAN. 2017. Keefektifan Bimbingan Karir terhadap Peningkatan Kemampuan Perencanaan Karir Peserta Didik Di SMK Syafa’atul Ummah Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2016/2017 (Studi PTBK Kelas XI TAV). Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Dino Rozano M.Pd
Pembimbing II Dr. Suriswo M.Pd
Kata Kunci : Bimbingan Karir, Kemampuan Perencanaan Karir
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan karir dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karir peserta didik di SMK Syafa’atul Ummah Bulakamba Brebes tahun ajaran 2016/2017. Dalam Skripsi ini menekankan pada upaya meningkatkan kemampuan perencanaan karir peserta didik melalui bimbingan karir yang optimal.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang menggunakan 4 tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, tindakan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TAV yang berjumlah 27 anak. Sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun kriteria skor yang ditentukan dalam pengumpulan data yaitu 61-65% kategori kurang baik, 66-70% kategori cukup baik, 71-75% kategori baik dan 76-80% kategori sangat baik.
Simpulan dari penelitian ini adalah layanan bimbingan karir efektif untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir. Sebelum pelaksanaan bimbingan karir data aktivitas peserta didik yang relevan dengan perencanaan karir 54,24% setelah diberikan layanan pada siklus II adalah 80 %, dengan demikian pemberian layanan bimbingan karir dapat mengembangkan potensi kemampuan karir peserta didik agar dapat memahami tentang perencanaan karir yang tepat di masa depan.
Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah, peserta didik hendaknya dapat memanfaatkan suatu informasi tentang prospek dunia kerja yang berguna bagi dirinya untuk menambah wawasan dan lebih mengembangkan bakat dan minatnya dengan memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling dan fasilitas yang ada disekolah yang bersifat meninjang potensi peserta didik dalam merencanakan karirnya.
11135000910 | SYU k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain