Skripsi
PERAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP PEMANTAPAN KARIR PERENCANAAN PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Studi PTBK Kelas XI IS 2)
PARAMITA, MIA. 2017. “Peran Bimbingan Karir Terhadap Pemantapan Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas XI IS 2 SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Dino Rozano, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Hj. Sitti Hartinah DS, MM
Kata Kunci : Peran Bimbingan Karir Terhadap Pemantapan Perencanaan Karir
Layanan bimbingan karir dalam program bimbingan dan konseling di sekolah adalah salah satu pelayanan yang berusaha membantu peserta didik dalam rangka merencanakan karir serta mengambil keputusan mengenai kehidupannya. Artinya peserta didik perlu memahami diri, seperti memahami kemampuan, potensi, bakat, minat, kepribadian dan prestasi.Pemberian layanan bimbingan karir dimakasudkan untuk membekali para peserta didik dengan pengetahuan tentang data dan fakta di bidang pendidikan, bidang pekerjaan dan bidang perkembangan pribadi sosial. Sehingga peserta didik mampu mengatur dan merencanakan kehidupan sendiri.
Populasi penelitian berjumlah 30 peserta didik, penetapan sampel secara purposive random sampling diperoleh sejumlah 30 peserta didik yang memiliki karakterreligius rendah. Teknik pengumpulan data dengan angket teknik utamanya, dan dilengkapi dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Uji validitasnya menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Spearman Brown, dilanjut uji analisis data statistik deskriptif persentase dan uji hipotesis dengan uji t (t-test).
Hasil deskriptif pada kelompok kontrol dipersepsikan diperoleh skor rata-rata dalam rentang nilai 177-196 sebanyak 6 peserta didik (37,5%) dari jumlah populasi dengan kriteria cukup, sedangkan hasil treatment pada kelompok eksperimen hasil rata-rata dalam rentang nilai 194-216 sebanyak 11 peserta didik (68.75%) dalam kriteria tinggi ini berarti terdapat perbedaan peningkatan peningkatan yang diberi layanan sebanyak 50%. Uji hipotesis dengan rumus t-test diperoleh thitung sebesar 4.731, nilai tersebut dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 30, maka ditemukan ttabel = 2.042, sehingga thitung = 4.731 > ttabel = 2.042 yang berarti menerima hipotesis alternatif yang berbunyi “terdapat kontribusi Peran Layanan Bimbingan Karir Terhadap pemantapan Perencanaan Karir Peserta Didik SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017” dan menolak hipotesis nihil.
Disarankan agar seluruh jajaran yang terkait dalam proses pendidikan di sekolah perlu upaya keras dalam meningkatkan layanan bimbingan konseling, perlu dukungan yang kuat dari guru, peran serta dari semua pihak sekolah lainnya ikut merasa bertanggung jawab pada peningkatan pemantapan perencanaan karir peserta didik.
11135001160 | PAR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain