Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN PSIKOANALITIK TERHADAP KONSEP DIRI AKIBAT PERLAKUAN BULLYING VERBAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017
AMELIA, DEVITA. 2017. “Peran Layanan Bimbingan Kelompok Berpendekatan Psikoanalitik Terhadap Konsep Diri Akibat Perlakuan Bullying Verbal Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dr. Suriswo, M.Pd dan Pembimbing
Pembimbing II : Dr. Hj. Sitti Hartinah DS, MM
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok Berpendekatan Psikoanalitik, Konsep Diri Akibat Perlakuan Bullying Verbal
Layanan bimbingan kelompok berpendekatan psikoanalitik merupakan layanan dalam Bimbingan dan Konseling sebagai layanan pengkontruksi dan pemahaman. Masalah yang muncul adalah bagaimanakah peran layanan bimbingan kelompok berpendekatan psikoanalitik dalam meningkatkan konsep diri akibat perlakuan bullying verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan konsep diri akibat perlakuan bullying verbal yang diberi layanan bimbingan kelompok berpendekatan psikoanalitik dan tidak diberi layanan bimbingan kelompok berpendekatan psikoanalitik, untuk mengetahui adanya peran layanan bimbingan kelompok berpendekatan psikoanalitik Terhadap Konsep Diri Akibat Perlakuan Bullying Verbal. Populasi penelitian berjumlah 141 peserta didik. Dan penempatan sampel dari populasi diperoleh sejumlah 32 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive random sampling.
Variabel bebas adalah layanan bimbingan kelompok berpendekatan psikoanalitik sebagai variabel penyebab dan pencegahan. Variabel terikat adalah konsep diri akibat perlakuan bullying verbal sebagai variabel akibat. Alat pengumpul data berupa angket sebagai alat pengumpul data utama, dan pelengkapnya berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan statistik uji t (t-test).
Berdasarkan hasil statistik diperoleh hasil analisis data menggunakan deskriptif persentase pada kriteria sangat rendah kelompok kontrol = 31,25% dan kelompok eksperimen 6,25% artinya perbedaan persentase dalam kriteria sangat rendah sebanyak 25%, sedangkan perolehan hasil pada kriteria sangat tinggi kelompok kontrol = 6,25% dan kelompok eksperimen = 6,25% artinya perbedaan sangat tinggi sama. Hasil analisis menggunakan uji t-test diperoleh nilai thitung = 2,735, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan n + n – 2 = 16 + 16 – 2 = 30, maka didapat ttabel = 2,042, maka HO ditolak dan Ha diterima. Yang artinya “Adanya peran layanan bimbingan kelompok berpendekatan psikoanalitik terhadap konsep diri akibat perlakuan bullying verbal peserta didik kelas VIII SMP N 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017”.
.
11135000160 | PUT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain