Skripsi
UPAYA MENGATASI KURANGNYA PERCAYA DIRI AKIBAT BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS 1 MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN CLIENT CENTERED SMA 4 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
HIKMAH, NUR. 2017. Judul Skripsi “Upaya Mengatasi Kurangnya Percaya Diri Akibat Bullying Pada Peserta Didik Kelas X IPS 1 Melalui Bimbingan Kelompok Berpendekatan Client Centered Pada Peserta Didik Kelas X SMA 4 Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017”, Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dr. Maufur, M.Pd
Pembimbing II : Dra. Sri Sumarsih, M.Pd
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok Berpendekatan Client Centered, Percaya Diri Akibat Bullying.
Rendahnya rasa percaya diri bagi beberapa remaja dapat menimbulkan depresi, bunuh diri dan masalah penyesuaian diri lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Tingkat percaya diri akibat Bullying sebelum mendapat bimbingan kelompok berpendekatan client centered, 2) Tingkat percaya diri akibat Bullying sesudah diberi bimbingan kelompok berpendekatan client centered, 3) Upaya mengatasi kurangnya percaya diri akibat Bullying melalui bimbingan kelompok berpendekatan client centered pada peserta didik kelas X IPS 1 Di SMA 4 Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Pendekatan penelitian bersifat kuantitatif. Populasi sebanyak 30 peserta didik, dan sampelnya adalah 18 peserta didik yang kurang percaya diri akibat Bullying. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji T-test.
Simpulan yang diperoleh (1) Tingkat percaya diri akibat Bullying sebelum mendapat bimbingan kelompok berpendekatan client centered adalah dalam kriteria rendah sebanyak 9 peserta didik (50,0%). (2) Tingkat percaya diri akibat Bullying sesudah diberi bimbingan kelompok berpendekatan client centered meningkat dalam kriteria tinggi sebanyak 11 peserta didik (61,1%). (3) Adanya upaya mengatasi kurangnya percaya diri akibat Bullying melalui bimbingan kelompok berpendekatan client centerd diketahui dari nilai uji t-test diperoleh thitung sebesar 8,157 dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 18 – 1 = 17 diperoleh ttable = 2,110 ternyata thitung = 8,157 > ttabel = 2,110 yang berarti “bimbingan kelompok berpendekatan client centered dapat mengatasi kurangnya percaya diri akibat Bullying pada peserta didik kelas X IPS 1 Di SMA 4 Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Adanya peningkatan tingkat percaya diri akibat Bullying hendaknya dapat digunakan sebagai acuan dalam mengatasi percaya diri dengan menggunakan metode dan media yang bervariasi dan tepat pada setiap perlakuan yang dilakukan agar peserta didik semakin antusias dalam mengikuti pelaksanan bimbingan kelompok berpendekatan client centered.
11135000480 | HIK u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain