Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU CARA BERKOMUNIKASI EFEKTIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
AMANAH, TYAS SAHADATUL. 1113500112. 2017. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perubahan Perilaku Cara Berkomunikasi Efektif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Bimbingan dan Konseling. Pembimbing I Dra. Sri Sumarsih, M.Pd. Pembimbing II Drs.Achmad Suhud, M. Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Bimbingan kelompok terhadap perubahan perilaku cara berkomunikasi efektif.
Keberhasilan perubahan perilaku ditentukan oleh peserta didik itu sendiri dengan adanya usaha untuk memperbaiki lebih baik lagi. Masalah yang dihadapi peserta didik kelas VIII adalah bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, perubahan perilaku cara berkomunikasi yang kurang efektif, Dengan tujuan untuk merubah dan meningkatkan cara berkomunikasi efektif peserta didik sebelum dan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok sehingga peserta didik mempunyai keterampilan dalam berkomunikasi serta dapat menempatkan siapa yang diajak berkomunikasi.
Sampel penelitian 26 peserta didik, Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive sehingga peserta didik yang diambil dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, interview, observasi dan dokumentasi. Uji validitas dengan krelasi produck moment dan Uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman brown. Adapun hasil uji validitas try out , Variabel X sejumlah 25 item dan yang valid 22 yang tidak valid 3, sedangkan variabel Y sejumlah 25 item dan yang valid 22 yang tidak valid 3. Dan dari kedua variabel tersebut maka jumlah item yang valid sebanyak 44 item dan siap untuk penelitian. Dan uji reliabilitas dinyatakan reliabel. Analisis data dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan analisis t-test.
Hasil penelitian ditemukan bahwa perubahan perilaku cara berkomunikasi efektif peserta didik sebelum pemberian layanan bimbingan kelompok yaitu dalam kriteria rendah (34,6%) sebanyak 9 peserta didik dan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok yaitu dalam kriteria tinggi (26,9%) sebanyak 7 peserta didik. Dari analisis data pre-test dan post-test, diperoleh hasil perhitungan analisis t-test yaitu thitung sebesar 8,011 dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan N-1 = 26-1 = 25, maka di dapat ttabel = 2,787. Dengan demikian thitung (8,011) lebih besar dari ttabel(2,787). Maka dari hasil perhitungan tersebut, hipotesis dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yaitu ada pengaruh layanan bimbingan terhadap perubahan perilaku cara berkomunikasi efektif peserta didik smp negeri 1 ulujami kabupaten pemalang tahun pelajaran 2016/2017.
Disarankan pada peserta didik untuk mengikuti bimbingan kelompok secara aktif untuk meningkatkan dan merubah perilaku cara berkomunikasi lebih efektif guna merubah perilaku yang kurang efektif dan efisien sehingga peserta didik dapat menunjukan sopan santun yang baik kepada guru maupun teman sebayanya.
11135001120 | AMA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain