Skripsi
PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN HUMANISTIK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR YANG RENDAH PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK MA’ARIF NU TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
AZIZ, MOHAMAD FURQONI. 2017. “Bimbingan Kelompok Berpendekatan Humanistik terhadap Peningkatan Motivasi Belajar yang Rendah pada Peserta Didik Kelas X SMK Ma’arif Nu Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Suriswo, M.Pd., Pembimbing II: Drs. Sukoco KW, M.Pd.
Kata Kunci: Bimbingan kelompok, pendekatan humanistik, dan motivasi belajar.
Motivasi merupakan usaha-usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu bergerak untuk melakukan sesuatu keinginan mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa peserta didik banyak yang mempunyai masalah dengan motivasi belajar.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan bimbingan kelompok berpendekatan humanistik, 2) Tingkat motivasi belajar peserta didik, dan 3) Ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan kelompok berpendekatan humanistik terhadap peningkatan motivasi belajar yang rendah pada peserta didik kelas X SMK Ma’arif NU Talang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian 204 peserta didik, dengan sampel peserta didik yang mempunyai motivasi belajar yang rendah sebanyak 16. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas digunakan rumus belah dua dari Spearman Brown. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan statistik pre-test and post-test one group design.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan bimbingan kelompok berpendekatan humanistik mayoritas dalam kategori tinggi (43,75%), frekuensi tertinggi pada interval 107-113 sebanyak 7; 2) Tingkat motivasi belajar peserta didik sebelum bimbingan kelompok berpendekatan humanistik mayoritas dalam kategori rendah (43,75%), frekuensi tertinggi skor pada interval 96-101 sebanyak 7. Sedangkan tingkat motivasi belajar peserta didik sesudah bimbingan kelompok berpendekatan humanistik mayoritas dalam kategori tinggi (50,00%), frekuensi tertinggi skor pada interval 108-113 sebanyak 8; dan 3) Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok berpendekatan humanistik terhadap peningkatan motivasi belajar yang rendah pada peserta didik kelas X SMK Ma’arif NU Talang Tahun Pelajaran 2016/2017, terbukti dari hasil penelitian diperoleh thitung = 4,038 dengan ttabel = 2,131. Jadi thitung > ttabel (4,038 > 2,131), maka Ho ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima.
Saran dari penulis diharapkan adanya pelaksanaan bimbingan kelompok berpendekatan humanistik, dapat dijadikan masukan dan bahan kajian dalam menyelesaikan masalah peserta didik khususnya masalah berkaitan dengan motivasi belajar, penelitian ini juga dapat dijadikan bahan evaluasi dalam pelaksanaan bimbingan kelompok di sekolah.
11135000860 | AZI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain