Skripsi
STUDI KASUS TERHADAP RENDAHNYA PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK ASAL PAPUA DI SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Gufron, Muhammad. 2017. NPM 1113500157 “Studi Kasus terhadap rendahnya penyesuaian diri Peserta Didik Asal Papua di SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017“. Skripsi. Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dr. Suriswo, M.Pd.,
Pembingbing II : Dra. Sri Sumarsih, M.Pd.
Kata Kunci : Penyesuaian Diri Peserta Didik, Penyesuaian Diri Rendah Peserta Didik Asal Papua
Latar belakang masalah Skripsi ini membahas tentang rendahnya kemampuan adaptasi siswa yang dipengaruhi oleh faktor Kondisi fisik, mental dan emosional dipengaruhi dan diarahkan oleh faktor-faktor lingkungan dimana kemungkinan akan berkembang proses penyesuaian yang baik atau yang salah.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui penyesuaian diri pada peserta didik asal Papua, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik asal Papua, 3) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi proses penyesuaian diri rendah pada peserta didik asal Papua di SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah metode Kualitatif Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik asal Papua di SMA Negeri 4 Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 2 orang peserta didik. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah Observasi dan Wawancara.
Hasil penelitian menujukan penyesuaian diri rendah Peserta didik asal Papua, dapat berdampak negatif karna subyek mengalami kesulitan untuk beradaptasi tehadap lingkunganya di tampakan sulit besosialisasi dengan teman ataupun masyarakat sekitar.
Simpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Adanya penyesuaian diri rendah peserta didik yang meliputi penyesuaian diri sehari-hari pada lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah, dan belajar, 2) kurang percaya diri, minder, , sulit untuk berbaur, prestasi belajar menurun, 3) Hasil upaya Guru BK dalam menangani kasus penyesuaian diri rendah peserta didik asal Papua pemberian koseling individu, serta pemahaman dalam menyesuaikan diri agar peserta didik lebih mengerti, sehingga peserta didik asal Papua menjadi lebih baik dalam menyesuaikan diri.
Saran dari penulis yaitu : a) guru harus dapat memberikan arahan kepada peserta didik asal Papua agar dapat mengerti dengan kondisi dan situasi yang terjadi di lingkungan yang baru serta memberikan dorongan semangat b) peserta didik asal Papua untuk lebih meningkatkan lagi kemampuan beradaptasi, dan belajar memahami perbedaan yang ada di sekitarnya c) untuk semua pihak untuk lebih memperhatikan peserta didik asal papua dan mengarahkan peserta didik lokal untuk menerima dengan baik peserta didik asal Papua.
11135001570 | GUF s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain