Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (Studi eksperimen matematika pada peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016 / 2017)
LISTIAMIR, RIZA INTAN. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Media Visual Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik (Studi Eksperimen Matematika Pada Peserta didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi Wahyuningsih, M.Pd;
Pembimbing II Drs. Suwandono, M.Pd.
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Dengan Media Visual Terhadap Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model Creative Problem Solving berbantu media visual dengan model pembelajaran Ekspositori. 2) Prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model Creative Problem Solving berbantu media visual lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran Ekspositori.
Populasi peneltian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah sebagian peserta didik kelas VII semester genap yang berjumlah 159 peserta didik yang terbagi dalam lima kelas. Pengambilan sampel menggunakan lotre terhadap populasi. Metode pengumpulan data dengan tes. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji t pihak kanan yang sebelumnya telah diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas,
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual dengan model pembelajaran ekspositori.
2) Prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual lebih efektif daripada yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori.
171135001320 | LIS k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain