Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MELALUI PEDEKATAN KONTEKSTUL DITINJAU DARI PENALARAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Jatibarang-Brebes pada Materi Pokok Garis dan Sudut Tahun Pelajaran 2016/2017)
Winata, Dika. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) melalui Pendekatan Kontekstual ditinjau dari Penalaran Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017). Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing 1 : Hj. Isnani, M.Si., 2 : Dra, Eleonora DW, M.Pd
Kata Kunci : keefektifan, model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), pendekatan kontekstual, kemampuan penalaran, prestasi belajar matematika
Permasalahan utama yang terjadi dalam pembelajaran pada pendidikan formal adalah masih rendahnya daya serap siswa. Hal ini tampak dari rerata prestasi belajar siswa yang masih sangat memprihatinkan. Untuk itu, perlu adanya proses pembelajaran yang mampu meningkatkan prestasi belajar siswa, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran TGT. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisa : 1) prestasi belajar yang diajar dengan model TGT mencapai target. 2) perbedaan prestasi belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran TGT melalui pendekatan kontekstual dengan prestasi belajar siswa yang hanya diterapkan model pembelajaran konvensional. 3) perbedaan prestasi belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran TGT melalui pendekatan kontekstual dengan prestasi belajar siswa yang hanya diterapkan model pembelajaran konvensional ditinjau dari penalaran tinggi. 4) Perbedaan prestasi belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran TGT melalui pendekatan kontekstual dengan prestasi belajar siswa yang hanya diterapkan model pembelajaran konvensional ditinjau dari penalaran rendah.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D – VII H SMP Negeri 2 Jatibarang Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 184 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran yang berbentuk uraian dan tes prestasi belajar yang berbentuk uraian. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, RAK, uji-t dengan terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitas menggunakan uji Liliefors dan Bartlett.
Hasil penelitian diperoleh : (1) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model TGT dengan pendekatan kontekstual ditinjau dari penalaran mencapai target. (2) prestasi belajar pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran TGT lebih baik dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada materi garis dan sudut pada siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Jatibarang dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 65,87 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 60,75. (3) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran TGT lebih baik dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional yang mempunyai kemampuan penalaran tinggi pada materi garis dan sudut pada siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Jatibarang dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75,73 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 69,45. (4) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran TGT lebih baik dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional yang mempunyai kemampuan penalaran rendah pada materi garis dan sudut pada siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Jatibarang dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 56,03 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 52,05.
17135000900 | WIN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain