Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NHT TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR BERBANTU CD PEMBELAJARAN DITINJAU DARI KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMK Negeri 1 Randudongkal Tahun Pelajaran 2016/2017)
BACHTIAR, BAGUS. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran NHT tipe Kepala Bernomor Struktur berbantu CD pembelajaran ditinjau dari Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester II SMK Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Pokok Bahasan Trigonometri). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I. Dra. Eleonora Dwi W.,M.pd.
Pembimbing II. Dr. Purwo Susongko, M.pd.
Kata Kunci : Keefektifan, model pembelajaran NHT tipe Kepala Bernomor Struktur, CD pembelajaran, konsep diri, prestasi belajara matematika.
Sebagian peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Randudongkal memiliki prestasi belajar matematika di bawah KKM. Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan model pembelajaran NHT tipe Kepala Bernomor Struktur berbantu CD pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1)Adanya perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT tipe Kepala Bernomor Struktur berbantu CD pembelajaran dengan model konvensional (2)Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT tipe Kepala Bernomor Struktur berbantu CD pembelajaran lebih baik dibandingkan model konvensional pada peserta didik yang memiliki konsep diri baik (3)Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT tipe Kepala Bernomor Struktur berbantu CD pembelajaran lebih baik dibandingkan model konvensional pada peserta didik yang memiliki konsep diri kurang baik.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester II SMK Negeri 1 Randudongkal tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas eksperimen, 2 kelas kontrol, dan 1 kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket dan tes prestasi dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, RAK dan uji t satu pihak.
Hasil penelitian menunjukkan: (1)Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran NHT tipe Kepala Bernomor Struktur berbantu CD pembelajaran dengan model konvensional (2) Prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran NHT tipe Kepala Bernomor Struktur berbantu CD pembelajaran lebih baik dibandingkan model konvensional pada peserta didik yang memiliki konsep diri baik maupun kurang baik.
17135000730 | BAC k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain