Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Pokok Bahasan Lingkaran Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Pangkah Tahun Pelajaran 2016/2017)
Setiawati, Tria. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match dengan Pendekatan Realistik Terhadap Kreativitas Belajar Matematika dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Pokok Bahasan Lingkaran pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Pangkah Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas kegurauan dan Ilmu pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Ponoharjo, M.Pd.
Pembimbing II M. Shaefur Rokhman, M.Si.
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Make A Match, Pendekatan Realistik, Kreativitas Belajar Matematika, Prestasi Belajar Matematika.
Kurangnya kreativitas belajar peserta didik dan nilai rata-rata UTS kelas VIII tahun ajaran 2016/2017 hanya mencapai 60 dan ini belum memenuhi standar KKM yang ditetapkan yaitu 76. Serta penggunaakn model pembelajaran yang kurang berinovasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) adanya perbedaan model pembelajaran Make A Match dengan pendekatan realistik dengan model pembelajaran konvensional terhadap kreativitas belajar matematika dan prestasi belajar matematika. 2) keefektifan model pembelajaran Make A Match dengan pendekatan realistik dengan model pembelajaran konvensional terhadap kreativitas belajar matematika dan prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah Tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 9 kelas (304 peserta didik). Pengambilan sampel dengan teknik Clustur Random Sampling terpilih kelas VIII A dan VIII B (eksperimen) dan kelas VIII C dan VIII D (kontrol) yang terdiri dari 135 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji manova satu arah dan uji τ^2 Hotelling.
Hasil penelitian ini diperoleh : 1) Ada perbedaan antara model pembelajaran Make A Match menggunakan pendekatan realistik dengan model pembelajaran konvensional tehadap kreativitas belajar matematika dan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran pada pserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Pangkah tahun pelajaran 2016/2017. 2) Model pembelajaran Make A Match menggunakan pendekatan realistik efektif dibanding dengan model pembelajaran konvensional terhadap kreativitas belajar matematika dan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran pada pserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Pangkah tahun pelajaran 2016/2017.
17135001040 | SET k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain