Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Siswa Kelas X IPS Semester Genap SMA Negeri 1 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Materi Pokok Tr
FAJRUNNAJAH, AGIL. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Ditinjau dari Keaktifan Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Siswa Kelas X IPS Semester Genap SMA Negeri 1 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Materi Pokok Trigonometri)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd.
Pembimbing II Hj. Isnani, M.Si., M.Pd.
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar Matematika.
Prestasi belajar matematika siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Banjarharjo Kabupaten Brebes sebagian masih ada yang belum mencapai nilai KKM. Hal ini disebabkan siswa kurang aktif saat pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap prestasi. Berkaitan hal ini perlu adanya variasi dalam pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk lebih aktif. Upaya yang dapat dilakukan adalah penerapan model pembelajaran SFE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) apakah prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE yang nilainya lebih dari atau sama dengan 65 melampaui 34%, 2) adanya perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE dengan model pembelajaran konvensional, 3) model pembelajaran SFE lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar ditinjau dari keaktifan tinggi, 4) model pembelajaran konvensional lebih baik daripada model pembelajaran SFE terhadap prestasi belajar ditinjau dari keaktifan rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS semester genap SMA Negeri 1 Banjarharjo Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen, 2 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, Rancangan Acak Kelompok serta uji t satu pihak kanan dan kiri dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini diperoleh: 1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE yang nilainya lebih dari atau sama dengan 65 melampaui 34%, 2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE dengan model pembelajaran konvensional, 3) model pembelajaran SFE lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar ditinjau dari keaktifan tinggi, 4) model pembelajaran SFE lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar ditinjau dari keaktifan rendah.
17135000470 | FAJ k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain