Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 1 ULUJAMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
SYARIF, AHMAD. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Matemtika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Prof.Dr. H. Tri Jaka Kartana, M.Si.,
Pembimbing II Rizqi Amaliyakh Sholikhakh, M.Pd.
Kata Kunci: keefektifan, learning cycle 5E, LC5E, prestasi belajar
Pembelajaran matematika yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ulujami pada saat ini masih berpusat pada guru sehingga peserta didik (siswa) kurang aktif dalam pembelajaran.Pembelajaran seyogyanya dirancang memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan atau menumbuhkembangkan potensi pada dirinya secara maksimal.Model pembelajaran Learning Cycle 5E(LC5E) dapat mengkondisikan agar belajar aktif dan menguasai kompetensi yang harus dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar yang menggunakan model pembelajaran LC5E dapat mencapai KKM, untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar yang menggunakan model pembelajaran LC5E dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar yang menggunakan model pembelajaran LC5E lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik clusterrandom sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran LC5E, 2 kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan 1 kelas uji coba.Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes.Instrumen penelitian berupa tes prestasi.Teknik analisis data yang digunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen mencapai KKM. (2)ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran LC5E dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) pembelajaran model LC5E lebih baik dari pada pembelajaran model konvensional. Hasil tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran LC5E efektif terhadap prestasi belajar matemtika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2016/2017.
17135001170 | SYA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain