Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik dengan Pokok Bahasan Segi Empat Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2
NURHIDAYAT, IRAWAN. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbasis Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Keaktifan Peserta Didik (Studi Penelitian pada Peserta Didik dengan Pokok Bahasan Segi Empat Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si., M.Pd
Pembimbing II Ibnu Sina, ST., M.Pd., M.Kom
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran, Talking Stick, Berbasis Media Pembelajaran, Prestasi Belajar Matematika, Keaktifan
Prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bulakamba masih banyak yang dibawah KKM, oleh sebab itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran agar peserta didik lebih aktif dan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Upaya yang ditempuh adalah dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan : (1) Apakah prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Talking Stick dengan media pembelajaran melampaui target. (2) Apakah ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Talking Stick dengan media pembelajaran dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) Apakah ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Talking Stick dengan media pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari keaktifan. (4) Manakah yang lebih efektif dari peserta didik dengan keaktifan yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Talking Stick dengan media pembelajaran serta model pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bulakamba Tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposing sampling dilanjutkan dengan cluster random sampling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan observasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, RAK, anava dua arah dan benferoni.
Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Talking Stick dengan media pembelajaran melampaui target. (2) Ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Talking Stick dengan media pembelajaran dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) Ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Talking Stick dengan media pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari keaktifan. (4) Model pembelajaran Talking Stick dengan media pembelajaran lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari keaktifan tinggi maupun rendah.
17135000980 | NUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain