Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY – TWO STRAY DENGAN PENDEKATAN KONSEP TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Peserta Didik Kelas XI Semester II Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Materi Pokok Statistika)
MULYANI, DEWI. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Two Stay – Two Stray dengan Pendekatan Konsep terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Materi Pokok Statistika Peserta Didik Kelas XI Semester II MAN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si, M.Pd.
Pembimbing II Drs. Ponoharjo, M.Pd.
Kata Kunci: Keefektifan, Model TS – TS dengan Pendekatan Konsep, Keaktifan dan Prestasi Belajar.
Keaktifan belajar yang rendah menyebabkan prestasi belajar peserta didik masih ada yang belum mencapai KKM sehingga pemilihan model pembelajaran harus tepat salah satunya adalah model pembelajaran TS–TS dengan Pendekatan konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk medeskripsikan: (1) apakah prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran TS–TS dengan pendekatan konsep yang nilainya 70 mencapai target; (2) apakah keaktifan belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TS–TS dengan pendekatan konsep lebih baik daripada pembelajaran konvensional; (3) apakah prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TS–TS dengan pendekatan konsep lebih baik daripada pembelajaran konvensional; (4) apakah ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar matematika antara peserta didik menggunakan model pembelajaran TS–TS dengan pendekatan konsep dengan pembelajaran konvensional; (5) apakah keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TS–TS dengan pendekatan konsep lebih baik daripada pembelajaran konvensional..
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester II MAN Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 363 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS 1 dan XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen, dan kelas IIS 4 dan IIS 5 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan observasi. Instrumen telah teruji validitas dan reliabelitas pada taraf signifikan 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, uji analisis MANOVA dan τ^2-Hotteling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran TS–TS dengan pendekatan konsep yang nilainya 70 mencapai target; (2) keaktifan belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TS–TS dengan pendekatan konsep lebih baik daripada pembelajaran konvensional; (3) prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TS–TS dengan pendekatan konsep lebih baik daripada pembelajaran konvensional; (4) ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar matematika antara peserta didik menggunakan model pembelajaran TS–TS dengan pendekatan konsep dengan pembelajaran konvensional; (5) keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TS–TS dengan pendekatan konsep lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
17135000830 | MUL k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain