Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA MICROSOFT POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMERIK PADA MATERI POKOK STATISTIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelaja
MUSTIKASARI, MARISKA. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Microsoft Power Point Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik pada Materi Pokok Statistika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti
Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si, M.Pd
Pembimbing II Dr. Purwo Susongko, M.Pd
Kata Kunci : Model Pembelajaran Talking Stick, Media Microsoft Power Point, Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Numerik.
Prestasi belajar peserta didik kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Ulujami masih banyak yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Berkaitan dengan hal ini, maka perlu adanya variasi dalam kegiatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Upaya yang digunakan adalah dengan menggunakan model pembelejaran Talking Stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Talking Stick telah mencapai target, (2) adanya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point, Talking Stick biasa serta model konvensional, (3) adanaya perbedaan prestasi belajara peserta didik yang diajar dengan model Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point, Talking Stick biasa, serta model konvensional ditinjuau dari kemampuan numerik, (4) model pembelajaran yang paling efektif anatara model Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point, Talking Stick biasa, serta model konvensional ditinjau dari kemampuan numerik.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 4 kelas yaitu satu kelas sebagai eksperimen 1, satu kelas sebagai kelas eksperimen 2, satu kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes yang telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, anava dua arah, RAK, dan benferoni.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick telah mencapai target, (2) ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point, Talking Stick biasa, serta model konvensional, (3) ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point, Talking Stick biasa, serta model konvensional ditinjau dari kemampuan numerik, (4) model pembelajaran Talking Stick berbantu media Microsoft Power Point lebih baik dari model Talking Stick biasa serta model konvensional ditinjau dari kemampuan numerik.
17135000520 | MUS k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain