Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN PENDEKATAN POLYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI TINJAU DARI KONSEP DIRI PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK STATISTIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap di SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 201
WULANDARI, FAUZIA ACHIKA. 2017. “Efektivitas Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan Polya ditinjau dari Konsep Diri Peserta Didik (Studi Penelitian Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan Polya pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Ulujami Tahun Pelajaran 2016/2017 Pada Materi Statistika)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Suwandono, M.Pd
Pembimbing II Dra. Eleonora Dwi Wahyuningsih, M.Pd
Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Mind Mapping, Pendekatan Polya, Prestasi Belajar Matematika, Konsep Diri.
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan Polya dan Metode Ekspositori. (2) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar peserta didik yang mempunyai konsep diri positif dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan Polya lebih efektif dari pada menggunakan Metode Ekspositori. (3) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar peserta didik yang mempunyai konsep diri negatif yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan Polya lebih efektif dari pada menggunakan Metode Ekspositori.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Ulujami tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 5 kelas, 2 kelas sebagai kelas eksperimen, 2 kelas sebagai kelas kontrol, serta 1 kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar matematika dan angket konsep diri yang telah diuji validitas dan reliabilitas dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan uji komparasi ganda (metode scheffe) dengan uji prasyarat analisis data adalah uji normalitas dan uji homogenitas.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan Polya dan Metode Ekspositori. (2) Prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai konsep diri positif yang diajarkan dengan menggunakan model Mind Mapping dengan Pendekatan Polya lebih efektif dari pada prestasi belajar peserta didik yang diajarkan dengan Metode Ekspositori. (3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai konsep diri negatif yang diajarkan dengan menggunakan model Mind Mapping dengan Pendekatan Polya lebih efektif dari pada prestasi belajar peserta didik yang diajarkan dengan Metode Ekspositori.
17135001010 | WUL e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain