Skripsi
EFEKTIVITAS STRATEGI PENGAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Materi Pokok Himpunan)
ENDRIANI, HASTUTI. 2017. “Efektivitas Strategi Pengajaran Numbered Head Together terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Materi Pokok Himpunan)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Suwandono, M. Pd
Pembimbing II Drs. Paridjo, M. Pd
Kata Kunci: Efektivitas, Numbered Head Together, Minat, Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian yang dilakukan pada peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 1 Tarub Tahun Pelajaran 2016/2017 pada materi pokok Himpunan ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) apakah pembelajaran dengan menggunakan strategi pengajaran Numbered Head Together lebih efektif dibandingkan dengan metode ekspositori terhadap minat peserta didik; (2) apakah pembelajaran dengan menggunakan strategi pengajaran Numbered Head Together lebih efektif dibandingkan dengan metode ekspositori terhadap prestasi belajar matematika peserta didik; (3) apakah pembelajaran dengan menggunakan strategi pengajaran Numbered Head Together lebih efektif dibandingkan dengan metode ekspositori terhadap minat dan prestasi belajar matematika peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 1 Tarub tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 320 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian adalah strategi pengajaran Numbered Head Together, sedangkan variabel terikatnya adalah minat dan prestasi belajar matematika peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan angket. Tes dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 alternatif jawaban sebanyak 30 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda. Teknik analisis data menggunakan uji t dan τ2 - Hotelling yang sebelumnya telah diuji dengan uji Normalitas dan uji Homogenitas.
Hasil penelitian pada peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 1 Tarub Tahun Pelajaran 2016/2017 pada materi pokok Himpunan menunjukkan bahwa, (1) strategi pengajaran Numbered Head Together lebih efektif dibandingkan dengan metode ekspositori terhadap minat peserta didik; (2) strategi pengajaran Numbered Head Together lebih efektif dibandingkan dengan metode ekspositori terhadap prestasi belajar matematika peserta didik; (3) strategi pengajaran Numbered Head Together lebih efektif dibandingkan dengan metode ekspositori terhadap minat dan prestasi belajar matematika peserta didik.
17135000930 | END e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain