Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN MENGGUNAKAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2016/ 2017)
FITRIANI, LATFIYA. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Example Non Example dengan menggunakan CD Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP Negeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi. Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W.,M.Pd
Pembimbing II Drs. Ponoharjo, M.Pd
Kata Kunci: Model Example Non Example, CD Pembelajaran, Kemampuan Awal Siswa, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan: (1)untuk membuktikan bahwa terdapat perbedaan model Example Non Example dengan menggunakan CD Pembelajaran dengan model ekspositori terhadap prestasi belajar matematika, (2)untuk membuktikan bahwa penerapan model Example Non Example dengan menggunakan CD Pembelajaran dalam pembelajaran matematika lebih efektif dibandingkan dengan model Ekspositori ditinjau dari kemampuan awal tinggi, (3)untuk membuktikan bahwa penerapan model Ekspositori lebih efektif dibandingkan dengan model
Example Non Example dengan menggunakan CD Pembelajaran dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan awal rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak empat kelas yaitu dua kelas sebagai kelas eksperimen, dan dua kelas sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes prestasi dan telah teruji validitas dan reliebilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan anava dua arah dan uji t satu pihak kanan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat hipotesis terlebih dahulu dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)terdapat perbedaan perbedaan model Example Non Example dengan menggunakan CD Pembelajaran dengan model ekspositori terhadap prestasi belajar matematika, (2)prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi dengan proses
pembelajarannya menggunakan model Example Non Example dengan menggunakan CD pembelajaran lebih efektif daripada yang menggunakan ekspositori, (3)prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah dengan proses pembelajarannya menggunakan model ekspositori lebih efektif daripada yang menggunakan Example Non Example dengan menggunakan CD pembelajaran.
17135001020 | FIT k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain