Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK ARITMATIKA SOSIAL (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester II di SMP Negeri 2 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2016/2017)
SUBEKTI, IRFAN. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Sikap dan Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Pokok Aritmatika Sosial (Studi Penelitian pada Peserta Didik kelas VII Semester II di SMP Negeri 2 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Prof. Dr. H. Tri Jaka K., M.Si.
Pembimbing II Wikan Budi Utami, M.Pd.
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Talking Stick, Sikap, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mengetahui apakah prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick mencapai target pada materi pokok aritmatika sosial kelas VII semester II SMP Negeri 2 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun ajaran 2016/2017. (2)mengetahui apakah ada perbedaan antara sikap dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori pada materi pokok aritmatika sosial kelas VII semester II SMP Negeri 2 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2016/2017. (3)mengetahui model pembelajaran yang lebih baik antara model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran ekspositori terhadap sikap dan prestasi belajar matematika pada materi pokok aritmatika sosial kelas VII semester II SMP Negeri 2 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas sebagai kelas eksperimen, dua kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian berupa angket dan tes prestasi telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, one way manova (analisis ragam multivariate satu arah) dan uji T2-Hotelling yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1)prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick mencapai target. (2)ada perbedaan antara sikap dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Talking Stick dengan yang diajar model pembelajaran ekspositori. (3)model pembelajaran Talking Stick lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori terhadap sikap dan prestasi belajar matematika peserta didik.
17135000360 | SUB k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain