Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Studi Eksperimen di Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017
Khusna, Putri Amalia. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Eksperimen di Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Kota Tegal Tahun Ajaran 2016/2017)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd.
Pembimbing II : Hj.Isnani, M.Si., M.Pd.
Kata Kunci: Keefektifan, Quiz Team, Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik.
Permasalahan utama yang terjadi dalam pembelajaran pada pendidikan formal adalah masih rendahnya keaktifan peserta didik. Hal ini tampak dari rerata prestasi belajar peserta didik yang masih sangat memprihatinkan. Untuk itu, perlu adanya proses pembelajaran yang mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran Quiz Team. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan: 1) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Quiz Team mencapai target, 2) Keaktifan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Quiz Team lebih baik daripada model pembelajaran konvensional, 3) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Quiz Team lebih baik daripada model pembelajaran konvensional, 4) Ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Quiz Team dengan model pembelajaran konvensional, 5) Keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Quiz Team lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Kota Tegal Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 220 peserta didik. Dari populasi diambil sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Instrumen telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Setelah data berdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji hipotesis menggunakan uji proporsi, uji t satu pihak kanan, MANOVA dan uji τ2 – Hotelling.
Hasil penelitian yang dilakukan pada peserta didik kelas VII semester genap materi pokok Aritmatika Sosial SMP Negeri 1 Kota Tegal Tahun Ajaran 2016/2017 menyatakan bahwa : 1) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Quiz Team mencapai target, 2) Keaktifan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Quiz Team lebih baik daripada model pembelajaran konvensional, 3) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Quiz Team lebih baik daripada model pembelajaran konvensional, 4) Ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Quiz Team dengan model pembelajaran konvensional, 5) Keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Quiz Team lebih baik daripada model pembelajaran konve
17135000620 | KHU k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain