Skripsi
PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Studi Deskriptif Kausal Komparatif pada Peserta Didik di SMP N 1 Tarub dan SMP N 2 Tarub Materi Himpunan Kelas VII Semester Genap Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/201
Hidayati, Fina. 2017. Pengaruh Persepsi Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika di Sekolah Menengah Pertama. (Studi Deskriptif Kausal Komparatif pada Peserta Didik di SMP Negeri 1 Tarub dan SMP Negeri 2 Tarub Materi Himpunan Kelas VII Semester Genap Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si
Pembimbing II Dr. Purwo Susongko, M.Pd
Kata Kunci : Pengaruh, Persepsi Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika, Prestasi Belajar Matematika
Permasalahan utama yang terjadi peserta didik dalam persepsi pada pembelajaran matematika di SMP N 1 Tarub dan SMP N 2 Tarub adalah masih banyak muncul anggapan negatif dari sebagian besar peserta didik terkait pembelajaran matematika, seperti mengganggap matematika memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan membosankan, hal ini mengakibatkan semangat belajar menurun dan prestasi belajar matematika yang diperoleh rendah. Maka dari itu perlu adanya penelitian untuk mengetahui kondisi sebenarnya terkait persepsi peserta didik pada pembelajaran matematika yang diambil langsung dari peserta didik sebagai sumber informasi dari kedua kejadian tersebut.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik di SMP N 1 Tarub dan SMP N 2 Tarub materi himpunan kelas VII Semester Genap Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 636 peserta didik yang terbagi dalam 18 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penilitian ini ada 3 kelas masing-masing sekolah SMP N 1 Tarub dengan jumlah keseluruhan 108 peserta didik dan untuk SMP N 2 Tarub dengan jumlah keseluruhan 101 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik angket dan teknik tes. Teknik analisis data dengan menggunakan uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Ada pengaruh persepsi peserta didik pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika di SMP N 1 Tarub dengan pengaruh sebesar 30,48%, (2) Ada pengaruh persepsi peserta didik pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika di SMP N 2 Tarub dengan pengaruh sebesar 28,18% (3) Ada perbedaan pengaruh persepsi peserta didik pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika di SMP N 1 Tarub dan SMP N 2 Tarub.
17135000600 | HID p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain