Skripsi
KONSISTENSI PESERTA DIDIK DALAM MENJAWAB TES ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Studi Deskriptif Analisis Dokumenter pada Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 1 Slawi dan MTs Negeri Slawi Tahun Ajaran 2016/2017)
LISTIANI, DEFI. 2017. Konsistensi Peserta Didik Dalam Menjawab Butir Tes Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Matematika (Studi Deskriptif Analisis Dokumenter pada Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 1 Slawi dan MTs Negeri Slawi Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dr. Purwo Susongko, M.Pd
Pembimbing II : Dra. Eleonora Dwi Wahuningsih M.Pd
Kata Kunci : Konsistensi Peserta Didik, Tes Pilihan Ganda
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan taraf kesukaran, daya beda, pseudo guessing soal Ulangan Akhir Semester Gasal mata pelajaran matematika yang diujikan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri dan MTs Negeri Kota Slawi pada Tahun Ajaran 2016/2017; (2) mendeskripsikan kecocokan butir terhadap model yang digunakan, yaitu model 3P (logistik tiga- parameter) pada soal Ulangan Akhir Semester gasal mata pelajaran matematika yang diujikan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri dan MTs Negeri Kota Slawi pada Tahun Ajaran 2016/2017; (3) mendeskripsikan tingkat konsistensi peserta didik dalam menjawab tes Ulangan Akhir Semester gasal mata pelajaran matematika pada kelas VII SMP Negeri dan MTs Negeri Kota Slawi pada Tahun Ajaran 2016/2017; (4) mengetahui perbedaan tingkat konsistensi peserta didik yang berada di SMP Negeri dengan peserta didik di MTs Negeri.
Populasi dalam penelitian ini adalah lembar jawab peserta didik kelas VII pada SMP Negeri dan MTs Negeri yang berada di Kota Slawi pada Ulangan Akhir Semester Gasal mata pelajaran matematika Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah lembar jawab peserta didik kelas VII pada ulangan akhir semester gasal mata pelajaran matematika sebanyak 288 peserta didik SMP Negeri 1 Slawi dan 368 peserta didik MTs Negeri Slawi. Analisis data menggunakan teori respon butir model 3P (logistik tiga-parameter) dengan bantuan program R versi 3.1.2.
Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa, (1) perangkat soal ulangan akhir semester gasal mata pelajaran matematika yang diujikan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Slawi dan MTs Negeri Slawi Tahun Ajaran 2016/2017 memiliki taraf kesukaran yang tinggi, daya beda rendah dan pseudo guessing yang baik; (2) perangkat soal ulangan akhir semester gasal mata pelajaran matematika yang diujikan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Slawi dan MTs Negeri Slawi Tahun Ajaran 2016/2017 dinyatakan cocok dengan model 3P (logistik tiga- parameter); (3) tingkat konsistensi peserta didik dalam menjawab tes Ulangan Akhir Semester Gasal mata pelajaran matematika pada kelas VII SMP Negeri 1
Slawi dan kelas VII MTs Negeri Slawi Tahun Ajaran 2016/2017 dinyatakan tinggi.; (4) tingkat konsistensi peserta didik di SMP Negeri 1 Slawi lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik di MTs Negeri
17135000990 | LIS k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain