Skripsi
HUBUNGAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VIII MTS. ASY SYAFI’IYYAH JATIBARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
WIDIYANI, EKA. 2017..Hubungan Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VIII MTs Asy Syafi’iyyah Jatibarang Tahun Pelajaran 2016/2017 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Mursyidah DH, SH, MH
Pembimbing II Muhaimin Sadirun, SH., MH
Kata kunci : Penerapan Kurikulum 2013, prestasi belajar, Pendidikan Kewarganegaraan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa penerapan kurikulum 2013 di MTs Asy Syafi’iyyah Jatibarang, untuk mengetahui prestasi belajar PKn peserta didik kelas VIII MTs Asy Syafi’iyyah Jatibarang, dan terakhir untuk menganalisa hubungan penerapan kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn kelas VIII MTs Asy Syafi’iyyah Jatibarang tahun pelajaran 2016/2017.
Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII di MTs Asy Syafi’iyyah Jatibarang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 170 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 20% dari populasi sehingga berjumlah 34 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis antara variabel X dan Y, sebelumnya di uji normalitas dan homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) berdasarkan uji hipotesis antara variabel X dan Y menyatakan bahwa rhitung sebesar 0,410. Kemudian harga rhitung dikonsultasikan dengan rtabel, untuk taraf kesalahan 5% dengan maka diperoleh harga rtabel sebesar 0,339 dan untuk taraf kesalahan 1% dengan diperoleh rtabel = 0,436. Karena harga r hitung lebih besar dari r tabel maka , maka dapat disimpulkan Ha (ada hubungan) diterima dan Ho (tidak ada hubungan) ditolak. Dengan interprestasi hubungan antara variabel X dan Y adalah sedang (0,40 – 0,599). Maka dapat dikatakan terdapat hubungan penerapan kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn kelas VIII MTs Asy Syafi’iyyah Jatibarang tahun pelajaran 2016/2017.
Berdasarkan hasil perhitungan angket maka dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum 2013 masuk dalam kategori sedang, Kemudian prestasi belajar PKn peserta didik kelas VIII juga masuk dalam kategori sedang.
12135000280 | WID h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain