Skripsi
PERANAN BUDAYA BELAJAR DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP N 3 SLAWI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Asih, Arsi Sita. 2017. Peranan Budaya Belajar dalam Keluarga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMP N 3 Slawi.Skripsi. Program Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I. Dr. Sadali, M.Pd
Pembimbing II Drs. Subiyanto, M.Pd.
Kata Kunci : Peranan Budaya Belajar dalam Keluarga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Permasalahan dan pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana budaya belajar peserta didik dalam keluarga terhadap hasil belajar peserta didik kelas 7 di SMP 3 Slawi? (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik kelas 7 di SMP 3 Slawi dalam budaya belajar di keluarga? (3) Bagaimana peran budaya belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas 7 di SMP 3 Slawi?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Mengambil responden delapan peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengecekan kesasihan data dengan Tringulasi, Member check, dan analisis kasus negatif. Dan Teknik analisis data, Data Reduction, Data Display, Conclusion Drawing.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) budaya belajar dalam keluarga peserta didik kelas 7 di SMP 3 Slawi sudah cukup baik, budaya belajar dalam keluarga sudah berjalan dengan baik oleh keluarga peserta didik dalam kehidupan sehari dan di lingkungan masyarakat peserta didik. (2) Hasil Budaya Belajar Peserta didik SMP N 3 Slawi sudah cukup baik dan hasil budaya belajar dalam keluarga menunjukan nilai yang baik di setiap hasil tugas harian, ulangan harian, dan ujian akhir semester (3) Peran Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 7 di SMP 3 Slawi peran budaya belajar terhadap peserta didik sudah cukup baik, hal peran budaya belajar Penting, Karena membimbing dan memberikan arahan pada saat belajar, dan keluaraga adalah guru pertama dalam kehidupan dan keluarg sudah mepunyai peranan
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada (1) Guru khusunya di SMP N 3 Slawi harus mampu menciptakan dan meningkatkan budaya belajar dalam keluarga, karena semakin baik budaya belajar dalam keluaraga akan baik pula kualitas peserta didik setalah lulus dan berguna bagi suatu bangsa dan negara akan menjadi dampak yang positif pula terhadap kehidupan Negara Indonesia. (2) Diharapkan siswa secara keseluruhan mampu meningkatkan budaya belajar dalam keluarga , karena dengan memiliki kesadaran budaya belajar yang baik akan memberikan konstribusi kepada dirinya sendiri, siswa harus cerdas di dalam memahami pergaulan dan lingkungan. (3) Diharapkan orang tua ikut aktif dalam meningkatkan budaya belajar dalam keluarga. Budaya belajar bukan hanya diberikan dalam proses belajar di sekolahan, tetapi juga setelah peserta didik keluar dari sekolah dan menjadi anggota masyarakat harus tetap mendapatkan budaya belajar.
12135000230 | ASI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain