Skripsi
PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN MORAL PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 4 KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2016/2017
Rifatun Inayah (NPM 1213500007). 2017. Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Moral Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Ajaran 2016/2017. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas KeGuruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing Pertama Dr, Munthoha Nasucha, M.Pd.,
Pembimbing Kedua Dra. Mursyidah Dwi Hartati, SH.,MH.
Kata kunci : Peran, Guru Pendidikan Kewarganegaraan, Moral
Kondisi moral Peserta Didik dalam kalangan pendidikan sejauh ini belum memuaskan. Melihat situasi yang terjadi guna memperbaiki cara untuk dapat meningkatkan moral Peserta Didik. Salah satu caranya yaitu menanamkan nilai-nilai moral serta nilai-nilai akhlakul karimah yang semuanya terkandung dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan moral Peserta Didik kelas X SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017? Kedua, bagaimana moral Peserta Didik kelas X SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017? Dan yang ketiga, Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendorong dalam pembentukan moral Peserta Didik kelas X SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik penentuan responden menggunakan purposive sample, pemerikasaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan metode penyajian hasil analisis dengan metode informal.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan moral Peserta Didik kelas X antara lain Guru sebagai Pembimbing memiliki kontribusi besar dalam pembentukan moral Peserta Didik baik didalam kelas maupun diluar kelas tentang kedisiplinan, mentaati peraturan, dan sopan santun. Guru sebagai suri tauladan, Guru sebagai agen moral, dan Guru sebagai Komunikator juga memberikan pengaruh besar terhadap pembentukan moral. Moral Peserta Didik SMA N 4 Kota tegal sudah menunjukan baik, hal itu terlihat pada awal berangkat berjabat tangan dengan Guru, melakukan tadarus Al’ Quran saat awal pembelajaran, dan sopan santun dalam lingkungan sekolah. Faktor lingkungan menjadi faktor utama yang berpengaruh dalam pembentukan moral, baik lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat. Lingkungan sekolah menjadi lingkungan penunjang terbentuknya moral Peserta Didik. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah Peserta Didik harus bisa membentengi dirinya dari pengaruh negatif lingkungan serta Guru Harus bisa menjalin hubungan dengan Peserta Didik baik personal maupun kelompok.
12135000070 | INA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain