Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn MATERI NORMA DAN KEADILAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIA SEMESTER 1 SMP NEGERI 3 KERSANA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Widarsi.2017. Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Norma dan Keadilan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Peserta Didik Kelas VIIA Semester I SMP Negeri 3 Kersana Tahun Pelajaran 2016/2017.PTK.Pendidikan Kewarganegaraan.Drs. Nurcholis, M.Pd, Drs.Subiyanto, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembelajaran di PPKn di SMP Negeri 3 Kersana masih cenderung bersifat konvensional yaitu dengan menekankan pada hafalan-hafalan, disamping itu sebagian besar siswa menganggap bahwa PPKn merupakan mata pelajaran yang sulit. Permasalahan-permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar PPKn kurang maksimal yang berdampak tidak tercapainya ketuntasan belajar secara klasikal maupun individu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn materi Norma dan Keadilan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD didik kelas VIIA Semester 1 tahun pelajaran 2016/2017.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 peserta didik didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data tentang kondisi awal siswa diambil dari nilai ulangan sebelum dilakukan penelitian, hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian evaluasi (tes tertulis) kepada siswa, penilaian afektif dan psikomotorik diperoleh dari pengamatan melalui lembar observasi, data analisis kuesioner diperoleh melalui lembar kuesioner.
Dari hasil penelitian diperoleh, pada siklus I rata-rata nilai tes peserta didik 66,83 dengan ketuntasan belajar klasikal 75,61%; siklus II nilai rata-rata peserta didik 79,63 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,80%. Hasil belajar afektif peserta didik pada siklus I secara klasikal mencapai ketuntasan 87,80%; pada siklus II seluruh siswa telah mencapai ketuntasan sebesar 100%. Hasil belajar psikomotorik pada siklus I peserta didik secara klasikal mencapai ketuntasan 75,61%. Pada siklus II 87,80%. Hasil analisis kuesioner peserta didik, pada siklus I dan siklus II juga menunjukan peningkatan ketertarikan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Norma dan Keadilan pada kelas VIIA Semester 1 SMP Negeri 3 Kersana Tahun Pelajaran 2016/2017
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar diadakan penelitian lebih lanjut dan pembelajaran PPKn menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD ini dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran bagi guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Hasil belajar, Norma dan Keadilan.
12155000260 | WID p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain