Skripsi
KEEFEKTIFAN MEDIA KLIPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 03 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PUJIASTUTI, DANI. 1513500042. 2017. “Keefektifan Media Kliping dalam Pembelajaran Menulis Berita pada Siswa Kelas VIII SMP N 3 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I: Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum.
Pembimbing II: Dra. Sri Mulyati, M.Pd / Khusnul Khotimah, M.Pd.
Kata Kunci: pembelajaran, menulis, media, kliping.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis berita dan keefektifan media kliping dalam pembelajaran menulis berita serta mendeskripsikan perubahan perilaku siswa setelah pembelajaran menulis berita menggunakan media kliping pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitiaan adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Adiwerna dengan jumlah 324 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh sampel sebanyak 68 siswa, yaitu siswa kelas VIII.H sebanyak 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.G sebanyak 34 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis komparatif dengan rumus Uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VIII.H (kelompok eksperimen) diketahui E = 78, MeE = 80 dan MoE = 80 sedangkan siswa kelas VIII.G (kelompok kontrol) diketahui K = 74,11, MeK = 74 dan MoK = 74. Berdasarkan analisis Uji-t diperoleh thitung = 3,669, dengan derajat kebebasan (dk) = 34 + 34 - 2 = 66, pada taraf signifikan 5%, dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel (tt) sebesar 1,99656. Karena thitung ttabel atau 3,669 1,99656, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya “Media kliping efektif dalam pembelajaran menulis berita pada siswa kelas VIII SMP Negri 3 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka sebagai sarannya adalah bagi guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menggunakan media kliping sebagai media pembelajaran. Media kliping tersebut terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks berita. Selainitu, media kliping dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan.
15135000420 | MAU k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain